Nasional

Upacara Pemakaman Sutopo akan Digelar sesuai Tradisi BNPB

Sebelumnya, Sutopo juga telah menjalani serangkaian perawatan kesehatan di sejumlah rumah sakit karena kanker paru-paru yang diidapnya.

Upacara Pemakaman Sutopo akan Digelar sesuai Tradisi BNPB
Kompas.com
Innalillahi wa innailaihi roji'un, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal pada Minggu (7/7/2019).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) menyiapkan upacara pemakaman untuk almarhum di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7/2019).

Upacara pemakaman tersebut disesuaikan dengan tradisi BNPB.

Sampaikan Turut Berduka Cita, Jokowi: Selamat Jalan Pak Sutopo

Staf Khusus Kepala BNPB Egy massadiah mengungkapkan upacara tersebut sedang dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Bentuknya upacaranya masih dikoordinasikan dengan BPBD setempat," ujar Egy saat dihubungi, Minggu (7/7/2019).

Jenazah Sutopo tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 20.30 WIB.

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo yang akan menerimanya langsung.

Sutopo Purwo Nugroho Berpulang, Tagar #ripsutopo Jadi Trending Topic di Twitter

"Malam ini pukul 20.30 WIB diperkirakan mendarat dengan pesawat Garuda. Sesuai dengan aturan, jenazah dari lambung pesawat akan berpindah ke terminal kargo. Dari terminal kargo akan melalui sedikit proses yaitu penyelesaian dokumen yang tidak begitu lama," papar Egy.

"Kemudian akan ada penerimaan jenazah oleh Pak Doni. Setelah itu dari kargo akan diberangkatkan dengan ambulans ke rumah duka. Tiba di rumah duka. Lalu, direncanakan besok dengan jam 05.20 WIB berangkat ke Solo. Take off," lanjut dia.

Sutopo meninggal dunia di Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019), pukul 02.20 waktu setempat atau 01.20 WIB, akibat penyakit kanker paru.

Fakta Seputar Sutopo, Mulai dari Tampang Asli Boyolali Hinggga Fans Berat Raisa dan Jokowi

Sebelumnya, Sutopo juga telah menjalani serangkaian perawatan kesehatan di sejumlah rumah sakit karena kanker paru-paru yang diidapnya.

Ia divonis kanker paru-paru stadium 4B pada 17 Januari 2018.

Semenjak vonis itu, dia masih aktif menjalani tugas-tugasnya untuk menginformasikan berita-berita kebencanaan kepada media.

Baru beberapa pekan belakangan ini, Sutopo sudah tidak aktif lagi di grup WhatsApp media selepas pamit untuk fokus berobat.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BNPB Siapkan Upacara untuk Pemakaman Sutopo"
Penulis : Rakhmat Nur Hakim
Editor : Jessi Carina

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved