Family

Tips Mengatur Jadwal Tidur Anak

Mengatur jadwal tidur anak demi menjaga kesehatan si anak perlu dilakukan.

Tips Mengatur Jadwal Tidur Anak
videoblocks.com
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Mengatur jadwal tidur anak demi menjaga kesehatan si anak perlu dilakukan.

Apalagi ketika anak sudah mulai sekolah. Kebiasaan tidur anak dirasakan oleh para orang tua berpengaruh terhadap aktivitas lain si anak.

Kinanti, salah satu ibu satu anak yang berprofesi di bidang hospitality ini merasakan benar ketika anak terbiasa tidur teratur dan tidak.

Ketika anak semata wayangnya masih berumur 5 tahun hingga menjelang SD, ia sempat merasakan kesusahan mengatur jadwal tidur si anak.

Terkadang si anak asik bermain mainan kesukaan hingga tak terasa sudah terlalu larut malam.

Apalagi ketika anak sudah mulai mengenal gadget, menurut pengalaman Kinanti, ketika kebiasaan sebelum tidur anak bermain gadget apalagi game, sudah bisa dipastikan anak tak memiliki jadwal tidur teratur.

Berkunjung ke Keboen Kita, Rekreasi Ala Penggemar Tanaman Hias

"Ketika anak sudah bisa diajak diskusi, anak pasti juga menuntut hal yang sama dengan orang tua. Si anak bakal nuntut balik, itu mama juga mainan gadget atau mama juga tidur malam. Nah, kemampuan menjelaskan ke anak ini sangat penting agar anak paham, ketika saatnya nanti harus begadang tidak masalah, namun saat masih anak anak harus punya waktu tidur yang cukup," kata Kinanti.

Kinanti pun mengatur jadwal tidur anaknya. Maksimal jam 9 malam, anak harus beranjak tidur. Lalu bangun paling lambat jam 5 pagi untuk salat subuh dan setelahnya mandi sarapan dan siap berangkat sekolah.

Ketika weekend tiba atau hari libur, Kinanti sengaja sedikit melonggarkan jam tidur si anak. Tujuannya adalah memberikan kepercayaan kepada si anak apakah ia sudah mulai bisa mandiri dengan pilihan tidurnya.

"Anak pasti senang karena dapat izin tidur lebih malam dari biasanya. Kita bisa lihat, kalau anak ini bertanggung jawab, dia pasti sudah mulai mengatur jadwal aktivitasnya sendiri. Misal kita tanya, besok pagi libur mau main sepedaan apa ngga, kalau mau berarti tetap tidurnya yang cukup jangan terlalu malam biar bisa bangun pagi," kata Kinanti.

Mengenal Lebih Dekat Dita Permatas, Musisi yang Belajar Alat Musik Akordion Hingga ke Hongkong

Halaman
123
Penulis: yud
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved