ADVERTORIAL

Yogyakarta Jadi Tuan Rumah LKS SMK Nasional ke-27

Pembukaan LKS SMK 2019 diadakan pada tanggal 8 Juli 2019 pukul 08.30 di Sportorium Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Yogyakarta Jadi Tuan Rumah LKS SMK Nasional ke-27
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA - Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional ke-27 tahun 2019 bakal digelar di Yogyakarta 7-13 Juli 2019.

Mengambil tema “Kompeten Menyongsong Revolusi Industri 4.0”, kegiatan LKS bakal dihelat empat lokasi masing-masing Jogja Expo Center (JEC), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), SMKN 6 Yogyakarta dan Hotel Grand Dafam.

Kontingen yang mewakili 34 provinsi dijadwalkan tiba di Bandara Adisucipto, Stasiun Tugu dan Yogyakarta International Airport (YIA) pada 7 Juli.

TVS Ntorq 125 Siap Mengaspal di Yogyakarta, Ini Fitur Uniknya

Akan ada 1600 orang berpartisipasi termasuk di dalamnya ada peserta, kepala kontingen, juri dan pendamping.

Ditambah, 4000 tamu undangan dari Kepala SD, SMP, SMA , SMK saat acara pembukaan dan penutupan.

Isti Triasih selaku Kabid SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, menjelaskan bahwa pembukaan LKS SMK 2019 diadakan pada tanggal 8 Juli 2019 pukul 08.30 di Sportorium Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Sedangkan penutupannya akan diselenggarakan di Sleman City Hall pada tanggal 12 Juli 2019 pukul 19.00.

“Acara ini terbuka untuk masyarakat yang ingin mengetahui kompetensi-kompetensi yang dimiliki siswa SMK yang dielenggarakan JEC pada tanggal 9-11 Juli 2019 mendatang. Sedangkan untuk pelaksanaan lomba sendiri akan diadakan di empat tempat berbeda masing-masing Hotel Dafam, JEC, UNY dan SMKN 6 Yogyakarta,” kata Isti Triasih pada Tribunjogja.com.

Dijelaskan Isti, nantinya akan ada 32 sekolah pengampu lomba dengan pembagian tugasnya meliputi: tuan rumah bertanggungjawab untuk acara pembukaan, penjemputan dan pemulangan berikut akomodasi untuk peserta.

Aplikasikan Edible Coating, Tim PKM UMY Kurangi Laju Kerusakan Buah

Para peserta LKS juga akan dibawa berwisata edukasi di dua tempat berbeda masing-masing di Museum Merapi dan Candi Prambanan.

Dalam acara tersebut akan diadakan pula sejumlah kegiatan menarik meliputi menghadiri pameran hasil kreativitas siswa, worskhop, fashion show, pentas musik dan juga Job Fair.

Terdapat pula program OSOP (One School One Provinces) yang merupakan program pengenalan SMK dengan mengunjungi 1 sekolah SMP di wilayah DIY.

Lebih jauh, Isti mengatakan bahwa LKS ini bertujuan untuk mendorong siswa meningkatkan kualitas kompetensi dan ketrampilan mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yaitu sebagai ajang unjuk kemampuan kompetensi, capaian pembelajaran serta memantau dan memetakan kualitas kompetensi SMK.

“Selain itu, kegiatan LKS ini juga bermanfaat untuk mempromosikan ketrampilan-keterampilan siwa-siswi SMK serta memberi kesempatan siswa berkompetisi secara positif, menumbuhkan kebanggaan bidang yg ditekuninya, sekolah, dan Provinsi. Semoga acara berjalan lancar dengan suport dan dukungan dari semua pihak yang terlibat,” kata Isti. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved