Gunungkidul

Penetapan Caleg Terpilih di Gunungkidul Ditunda

KPU Gunungkidul menunda penetapan caleg terpilih melalui pilihan legislatif yang telah berjalan beberapa bulan lalu.

Penetapan Caleg Terpilih di Gunungkidul Ditunda
internet
logo KPU 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul menunda penetapan caleg terpilih melalui pilihan legislatif yang telah berjalan beberapa bulan lalu.

Hal tersebut dikarenakan KPU masih menunggu surat register terkait dengan pengajuan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

Anggota KPU Gunungkidul, Andang Nugroho menuturkan penundaan penetapan caleg diperkuat dengan adanya surat edaran KPU RI, yang meminta agar penetapan ditunda setelah keluarnya surat dari MK.

Ini 8 Alasan Memilih TVS Ntorq 125 untuk Berkendara

"Kami sudah menyewa tempat dan mengundang partai politik, lalu keluar surat edaran dari MK untuk menunda penetapan caleg, otomatis kami tunda," katanya pada Tribunjogja.com, Jumat (7/4/2019).

Ia mengatakan proses penetapan caleg terpilih harus menunggu surat resmi dari MK, sehingga hingga saat ini KPU Gunungkidul masih belum mengetahui secara pasti kapan proses penetapan dilakukan.

"Setelah surat dari MK turun kami diberi waktu tiga hari untuk melakukan penetapan caleg terpilih. Yang jelas sudah kami sampaikan bahwa pelantikan dilaksanakan 12 Agustus. Mudah-mudahan secepatnya surat dari MK turun sehingga tidak menganggu persiapan untuk pelantikan,” kata Andang.

Terpisah, Sekretaris DPRD Gunungkidul, Agus Hartadi mengatakan, pihaknya masih menunggu proses penetapan anggota dewan.

Kabupaten Gunungkidul Raih Penghargaan Kategori Tata Kelola Program Inovasi Desa

Pihaknya berharap agar penetapan segera dilakukan karena kepastian penetapan ini akan berpengaruh terhadap proses pelantikan anggota dewan yang baru.

"Saya berharap penundaan tidak berlangsung lama, karena bisa berpengaruh terhadap proses persiapan pelantikan dewan baru. Rencananya pelantikan dilakukan pada 12 Agustus mendatang," katanya.

Sambung Agus, sebelum pelantikan dilakukan, kesekretariatan harus membuat persiapan, mulai dari pemberian bimbingan teknis, gladi bersih hingga pemberian seragam baru kepada calon anggota baru.

“Dalam pelantikan Ini kan juga butuh waktu. Contohnya seperti seragam pembuatannya juga membutuhkan waktu. Oleh sebab itu harapan kami segera ada kepastian kapan penetapannya sehingga tidak mengganggu persiapan untuk pelantikan karena waktu efaktif tinggal satu bulan," pungkasnya. (*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved