Yogyakarta

AP I Setuju Trans Jogja Beroperasi di YIA

Semakin banyak moda angkutan umum yang beroperasi di YIA, maka akan semakin memudahkan masyarakat untuk menjangkau YIA.

AP I Setuju Trans Jogja Beroperasi di YIA
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
General Manager PT Angkasa Pura (AP) 1 Yogyakarta Agus Pandu Purnama 

TRIBUNJOGJA.COM - Agus Pandu Purnama, General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Adisutjipto menerangkan, mengenai stasiun kereta di YIA saat ini masih progres pembangunan.

Dimungkinkan stasiun ini akan siap pada akhir tahun mendatang.

Berhubungan dengan jalur kereta bandara, Pandu menerangkan jika hal tersebut merupakan domain Dirjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan.

"Sebenarnya domainnya Dirjen Perkeretaapian untuk jalurnya. AP I hanya menyiapkan stasiunnya saja. Kami saat ini sudah mulai membangun stasiun kereta di YIA, sedang progres. Di akhir tahun ini sudah bisa. Hanya kan kalau stasiun ada tapi jalur tidak ada, belum bisa dipakai juga," terangnya pada Tribunjogja.com.

Ini 8 Alasan Memilih TVS Ntorq 125 untuk Berkendara

Pandu menuturkan, untuk jalur kereta api bandara, menurut keterangan dari Perwakilan Dirjen Perkeretaapian, saat ini masih dal proses pembebasan lahan.

Izin dari Gubernur pun sudah dikantongi.

"Tadi kebetulan ketemu dengan wakil dirjen perkeretaapian. Katanya masih dalam progres pembebasan lahan, masih proses nego dengan masyarakat, pengukuran. Kalau gubernur sudah memberikan izin untuk menggunakan lahan untuk kereta api," ungkapnya

Menurutnya, kereta api merupakan satu dari beberapa sarana pendukung yang dibutuhkan untuk bisa sampai YIA.

Pandu menerangkan, ketika semakin banyak penumpang menuju ke YIA tanpa dibarengi dengan sarana lain, maka jalan raya akan semakin krodit.

Kereta bandara ini lah yang juga menjadi fokus yang terus di dorong oleh AP I.

"Kendalanya kita, karena semakin banyaknya penumpang yang menuju ke YIA, semakin krodit kalau hanya pakai satu jalur jalan raya. Makanya percepatan kereta harusnya jadi isu utama bagi AP I. Tanpa itu, jadi berapa lama dari pusat kota ke YIA," ungkapnya.

Penumpang YIA Bisa Naik Bus Lewat Terminal Giwangan

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved