Dikupas 14 Halaman di Majalah Arab Saudi, Jokowi Bercerita Pernah Nyaris Bangkrut

Dalam ulasan Arrajol, Jokowi disebut pernah nyaris bangkrut. Namun untungnya, perusahaannya mendapatkan pinjaman Rp 500 juta dari PGN.

Dikupas 14 Halaman di Majalah Arab Saudi, Jokowi Bercerita Pernah Nyaris Bangkrut
IST/IG @Jokowi
Presiden Jokowi menjadi cover Majalah Arrajol yang terbit di Arab Saudi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Presiden Joko Widodo mengisahkan kehidupannya sebelum terjun ke politik ketika menjadi sampul majalah gaya hidup Arab Saudi, Arrajol.

Dalam pemberitaan edisi Mei itu, Jokowi mencari pekerjaan setelah lulus dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada pada 1985, di mana dia menginginkan pekerjaan sesuai spesialisasinya.

Setahun berselang, dia memperoleh pekerjaan di perusahaan pemerintah yang khusus menangani produk kertas di Aceh, dengan tugas mengawasi hutan dan bahan mentah.

Namun setelah dua tahun bekerja, Jokowi memutuskan untuk berhenti karena kurang mendapat perhatian dari perusahaan dan memutuskan pulang ke Solo.

Jusuf Kalla dan Maruf Amin Lakukan Pertemuan Tertutup, Wapres Beri Tugas ke Wapres Terpilih

Dia menyadari ambisinya tidak akan tercapai jika ikut orang. Jadi, dia membantu mengelola bengkel kayu milik ayahnya. Di situlah, dia mulai merintis usaha sambil menunggu kelahiran anaknya.

Satu tahun kemudian, Jokowi mendirikan perusahaan sendiri yang dia beri nama "Rakabu" berasal dari nama anak pertamanya, Gibran Rakabuming Raka.

Perusahaan itu berfokus untuk memproduksi dan menjual barang-barang furnitur yang dibuat dari kayu jati.

Tantangan pun dihadapi oleh presiden ketujuh RI itu. Mengelola bisnis furnitur dari kayu jati terkadang naik, namun tak jarang juga turun.

Bahkan dalam ulasan Arrajol, Jokowi disebut pernah nyaris bangkrut. Namun untungnya, perusahaan Rakabu mendapatkan pinjaman sebesar Rp 500 juta dari Perusahaan Gas Negara. Pada 1991, Rakabu mulai mengekspor.

Di Perancis, mereka untuk pertama kalinya membuka cabang di pasar Eropa melalui seorang klien bernama Bernard.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved