Tol Solo-Yogya Akhirnya Segera Dibangun, Begini Rencananya

Pembangunan Tol Solo-Yogyakarta segera direalisasikan, setelah ada kesepakatan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah

Tol Solo-Yogya Akhirnya Segera Dibangun, Begini Rencananya
JASA MARGA
Jalur Tol Solo-Ngawi 

Tol Solo-Yogya Akhirnya Segera Dibangun, Begini Rencananya

TRIBUNJOGJA.COM - Jalan Tol Solo-Yogyakarta akhirnya akan segera dibangun.

Pembangunan Tol Solo-Yogyakarta segera direalisasikan, setelah ada kesepakatan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Pemprov Yogyakarta.

Sebelumnya, pembangunan jalan berbayar ini ditentang Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang mengkhawatirkan dapat mengganggu perekonomian masyarakat.

"Setelah rapat dengan Sekda Jawa Tengah dan perwakilan dari Pemerintah DIY sudah ada kesepakatan mengenai trase," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menjawab Kompas.com, Selasa (2/7/2019).

Dalam pembahasan tersebut, disepakati trase yang digunakan sedikit mungkin mengurangi lahan milik umum.

Sebagai solusinya dapat menggunakan konstruksi layang atau elevated yang berhimpitan dengan selokan Mataram dan jalur kereta api mengarah ke Kulonprogo.

"Ada adjusment penyesuaian trasenya tapi secara konektivitas tetap saja kita bicara Solo-Jogja, kemudian nanti lanjut sampai ke Cilacap tapi tetap melalui Kulonprogo," kata Danang.

Danang mengusulkan, proses pengadaan lahan tol sepanjang 70 kilometer ini dapat dipercepat setelah pemenang lelang ditetapkan.

Hal ini untuk menghindari munculnya spekulan yang mengakibatkan melambungnya harga lahan yang diperlukan.

"Jadi begitu tender sudah selesai, pemenangnya segera melakukan pembebasan lahan terlebih dahulu meski proses pembangunannya belakangan. Karena kalau kita lihat pengalaman bandara di Kulon Progo kan lahan sudah sangat mahal itu," tuntasnya.(*)

Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved