Keju Termahal di Dunia, Dibuat dari Susu Keledai dan Dijual Rp16 Juta

Karga keju dari susu keledai ini sangat mahal. Ia dijual seharga 1.000 euro per kilogram atau hampir Rp 16 juta rupiah–menjadi keju termahal di dunia.

Keju Termahal di Dunia, Dibuat dari Susu Keledai dan Dijual Rp16 Juta
IST/AFP-VOA
Keju keledai asal Serbia yang dijual seharga 1000 euro atau Rp16 juta 

TRIBUNJOGJA.COM - Serbia mempunya keju yang sangat unik dan langka karena terbuat dari susu keledai. Tidak hanya lezat, ia juga bermanfaat bagi kesehatan. Berwarna putih, padat, dan kaya rasa, membuat keju ini semakin spesial.

Namun sayangnya, harga keju susu keledai ini sangat mahal. Ia dijual seharga 1.000 euro per kilogram atau hampir Rp 16 juta rupiah–menjadi keju termahal di dunia.

Bos Amazon Harus Serahkan Gono-gini Rp 535 Triliun ke Mantan Istrinya

Keju keledai ini pertama kali dibuat pada 2012. Slobodan Simic dan sekelompok peternak, memerah susu dari sekitar 200 keledai. Kawanan keledai itu hidup di kawasan cagar alam di utara Serbia, Berna Zasavica.

Menyembuhkan Penyakit

Susu kedelai memiliki beberapa kesamaan dengan ASI dan disebut Simic sebagai obat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti asma dan bronkhitis.

“Bayi manusia bisa minum susu ini dari hari pertama, tanpa perlu diencerkan,” kata Simic seraya menyebutnya sebagai 'keajaiban alam'.

Meski minimnya riset ilmiah menyulitkan untuk menilai kekayaan nutrisinya, susu kedelai itu kaya protein dan diakui PBB sebagai makan alternatif bagi mereka yang alergi susu sapi.

Tapi “yang belum dilakukan oleh siapa pun di dunia dan bisa membuatnya adalah keju keledai,” kata Simic mengenai produk andalannya.

Susu keledai memiliki kadar kasein yang rendah. Kasein adalah sejenis protein yang berfungsi sebagai perekat dalam pembuatan keju.

Tapi seorang staf di Zasavica menemukan sebagian susu keledai bisa dicampur dengan susu keju untuk mendapat bentuk keju yang mudah hancur.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved