Pendidikan

Guru Harus Cintai Profesinya

Rektor UNY Sutrisna Wibawa yang membuka kegiatan ini menerangkan ada empat ciri guru sebagai sebuah profesi.

Guru Harus Cintai Profesinya
istimewa
Para peserta PPG saat mengikuti pembukaan orientasi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan tahap 2 tahun 2019, yang diselenggarakan di Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta pada Rabu (3/7/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pembukaan orientasi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan tahap 2 tahun 2019, diselenggarakan di Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta pada Rabu (3/7/2019).

Rektor UNY Sutrisna Wibawa yang membuka kegiatan ini menerangkan ada empat ciri guru sebagai sebuah profesi.

Keempat ciri tersebut yakni ahli dalam bidang masing-masing, mencintai profesinya, tanggung jawab dalam pekerjaan serta kesejawatan dalam pengembangan ilmu melalui organisasi profesi guru.

"Program PPG adalah program pemerintah yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan kualitas guru. Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas gurunya," terangnya.

Daftar Universitas dan Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta, Lengkap dengan Status Akreditasi

Namun, yang menjadi permasalahan saat ini adalah, menurut hasil program internasional student assessment yang mengevaluasi kualitas pendidikan dari kemampuan dasar oleh UNESCO, Indonesia menempati peringkat 10 terbawah dari 72 negara.

"Padahal sudah banyak dana yang digelontorkan pemerintah untuk para guru. Oleh karena itu para peserta PPG mendapat tugas berat yaitu meningkatkan kualitas pendidikan melalui kualitas guru," terangnya

Untuk itu, Sutrisna mengingatkan, yang mengikuti program PPG ini adalah para guru yang sudah lulus ujian daring tinggal mengikuti tatap muka, workshop, pendalaman materi dan PPL.

HOAX - Tunjangan Profesi Guru Diisukan akan Distop Pemerintah

Sedangkan ujian yang harus diikuti adalah ujian komputer dan pengetahuan yaitu ujian akumulasi sebagai guru sehingga ada bahan dari S1 baik bidang studi maupun keguruan.

Sementara itu, Kepala P4TKN UNY, Suyud mengatakan bahwa kuota peserta PPG dalam jabatan tahap 2 ini ada 521 orang namun dalam ujian daring tidak lulus 6 orang sehingga yang lulus 515 orang.

Namun, setelah diadakan lapor diri pada awal Juli lalu ada 3 orang yang tidak melapor sehingga peserta PPG dalam jabatan kali ini sebanyak 512 orang dari 9 bidang studi.

YPA-MDR Hadirkan Guru Muda Indonesia di NTT dalam Program Semangat Indonesia Cerdas

Peserta PPG sendiri berasal dari 7 provinsi, yaitu DIY , Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Barat

Sedangkan untuk jumlah peserta PPG, terdiri dari bidang studi Geografi 26 orang, Guru Kelas SD 103 orang, Guru Kelas TK 88 orang, IPA 56 orang, IPS 55 orang, Matematika 29 orang, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 73 orang, PPKN 54 orang dan Teknologi Komputer dan Informatika 28 orang.

"Setelah melakukan orientasi pada hari ini peserta PPG akan mengikuti lokakarya pada 4-25 Juli, PPL 29 Juli hingga 15 Agustus dan Uji Kompetensi pada 19 Agustus hingga 1 September. PPG dalam jabatan tahap 2 akan berakhir pada 2 September 2019," katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved