Bisnis

Transaksi Harian BEI Lampaui Thailand pada 2018

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan transaksi dan torehan yang cukup positif sepanjang 2018 lalu.

Transaksi Harian BEI Lampaui Thailand pada 2018
IST
Kepala Kantor PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Yogyakarta, Irfan Noor Riza 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan transaksi dan torehan yang cukup positif sepanjang 2018 lalu.

Berdasarkan RUPS tahunan yang digelar Juni lalu, BEI melaporkan telah melewati catatan transaksi Thailand khususnya dalam bidang perdagangan.

Meskipun di tahun lalu sektor saham banyak mendapat tantangan dan gejolak, namun BEI mampu menjadi nomor satu di Asia melalui transaksi harian yang cukup signifikan.

"Beberapa tahun yang lalu kami sangat sulit mengalahkan Thailand. Kami mencatatkan transaksi pada 2018 dengan rata-rata transaksi harian 387 ribu, lebih unggul dari Thailand yang hanya 342 ribu transaksi per hari," kata Kepala BEI DIY, Irfan Noor Riza kepada wartawan belum lama ini.

Kampoeng Mataraman Olah Hasil Bumi Warga Jadi Berbagai Menu Menarik

Sampai dengan April 2019 lalu, BEI masih tetap mendominasi dengan 436 ribu transaksi per hari.

Sementara, dari sisi jumlah perusahaan yang tercatat go public atau Initial Public Offering (IPO), BEI berhasil memfasilitasi sebanyak 57 perusahaan selama 2018.

"Ini merupakan rekor dan pencapaian tertinggi sejak kurun waktu 26 tahun terakhir. Dan kita juga merupakan bursa terbanyak yang mencatatkan perusahaan yang listing se Asia. Malaysia 22 perusahaan, Thailand 19, Singapura 17, 35 perusahan Vietnam, dan Filipina hanya satu. Selama 2014-2019 pertumbuhan perusahaan tercatat 24,3 persen," ujarnya.

Irfan menjelaskan, dari sisi investor selama kurun waktu 2018 tercatat ada 854 ribu.

Naik sebesar 36% dibanding 2017 lalu yang hanya 630 investor.

Go-Jek Siap Melantai di Bursa Efek Indonesia?

Sementara sampai dengan Mei, BEI mencatat ada sebanyak 954 ribu investor di Indonesia, namun jumlah itu masih terlalu minim dibanding dengan total jumlah penduduk Indonesia, hanya 0,6% saja.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved