Pendidikan

Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Raih Skor Akreditasi Tertinggi se-Indonesia untuk Prodi yang sama

Akreditasi A dengan skor 371 berhasil didapatkan Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Raih Skor Akreditasi Tertinggi se-Indonesia untuk Prodi yang sama
internet
UMY 

TRIBUNJOGJA.COM - Akreditasi A dengan skor 371 berhasil didapatkan Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan UMY, Muchamad Zaenuri, menjelaskan dengan adanya Surat Keputusan (SK) dengan nomor 1988/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019 yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berhasil menempatkan Prodi Ilmu Pemerintahan UMY sebagai peraih nilai akreditasi tertinggi di Indonesia untuk Program Studi Ilmu Pemerintahan.

Video Rektor UNY Nyanyi Hip Hop saat Acara Wisuda jadi Viral di Medsos

Dia mengungkapkan, hasil tersebut diperoleh setelah adanya proses yang panjang dan berkelanjutan pada Sumber Daya Manusia (SDM) selama belasan tahun.

Kampoeng Mataraman Olah Hasil Bumi Warga Jadi Berbagai Menu Menarik

"Tentu saja kalau memakai kacamata BAN-PT ada tujuh standar indikator. Tapi yang pertama dan utama yang kami tingkatkan adalah kualitas SDM," terangnya melalui siaran resmi yang diterima Tribunojogja.com.

Menurutnya, sebagian besar dosen yang ada di Prodi Ilmu Pemerintahan sudah menjadi doktor.

Selain itu, pada dosen juga telah memiliki karya dan kiprah di tingkat Internasional

Selain melakukan peningkatan kualitas dari tenaga pendidik, Prodi IP UMY juga mendorong dan mendukung mahasiswa untuk berprestasi di tingkat nasional hingga internasional.

“Mahasiswa memang kami dorong untuk berprestasi dan data yang kami dapat menunjukkan prestasi mahasiswa tinggat internasional sebanyak 60 persen sedangkan untuk nasional sebanyak 40 persen. Program internasional juga terus ditingkatkan, banyak mahasiswa asing berkuliah di sini dan juga banyak mahasiswa kita yang berkuliah di luar negeri,” katanya.

UMY Sebar 241 Mahasiswa dari Timur hingga Barat Indonesia untuk KKN 3T

Zaenuri mengungkapkan, untuk alumni dari Prodi Ilmu Pemerintahan UMY saat ini telah berkontribusi di berbagai macam bidang, baik pelaku politik dan pemerintahan, peneliti atau dosen, wirausahawan yang bergerak di bidang pelayanan publik dan konsultan.

Dia juga menargetkan di tahun 2021 Prodi Ilmu Pemerintahan bisa unggul di tingkat Asia Tenggara.

Ia juga berharap IP UMY selalu menghasilkan lulusan yang mempunyai pemahaman ilmu pemerintahan yang berbasis pada nilai-nilai keislaman.

“Kami akan berusaha untuk terakreditasi pada tingkat Asia Tenggara pada tahun 2021 kelak. Kami juga selalu berusaha untuk menghasilkan mahasiswa yang berbeda dengan mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang lain. Semoga setelah lulus bisa membawa manfaat bagi umat,” terangnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved