Pendidikan

UIN Sunan Kalijaga Terima 1.317 Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali menerima 1.317 mahasiswa baru jalur UM-PTKIN periode 2019/2020.

UIN Sunan Kalijaga Terima 1.317 Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN
net
UIN sunan kalijaga 

TRIBUNJOGJA.COM - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali menerima 1.317 mahasiswa baru jalur Ujian Mandiri - Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) periode 2019/2020.

Kabag Tata Usaha, UIN Sunan Kalijaga, Muhammad Mahyudin menerangkan untuk peminat UM-PTKIN di UIN Sunan Kalijaga tahun ini sebanyak 22.840, yang mana hal tersebut mengalami peningkatan yang cukup banyak dibandingkan tahun kemarin yang hanya 17.446.

"Yang daftar 22.840, tahun kemarin yang daftar 17.446. Untuk yang diterima kurang lebih sama. Jadi ada peningkatan," terangnya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Kampoeng Mataraman Olah Hasil Bumi Warga Jadi Berbagai Menu Menarik

Menurutnya, peningkatan tersebut diantaranya dikarenakan beberapa hal, diantaranya setiap tahun ada kunjungan SMA dan sederajat ke UIN Sunan Kalijaga, dimana lewat situlah ada tim khusus yang menjelaskan mengenai perkembangan UIN Sunan Kalijaga dari tahun ke tahun.

Selanjutnya, UIN juga semakin mengintensifkan publikasi lewat media sosial dan website.

"Keilmuan dan keistimewaan moderat yang integratif-interkonektif yang menjadi daya tarik. Selain itu, publikasi tentang perkembangan akademik juga intens dilakukan. Jadi masyarakat semakin tahu," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Aulia Faqih Rifai, sebelumnya menerangkan jika satu orang peserta bisa memilih dua macam tes seleksi yaitu Paper Based Test (PBT) dan Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Mahasiswa Mancanegara IKuti Enjoy Youth Camp di UIN Sunan Kalijaga

Untuk peserta kelompok ujian PBT sendiri ada sebanyak 2.988 peserta.

Sedangkan untuk kelompok ujian SSE atau Computer Based Test (CBT) ada 640 peserta yang dilaksanakan 2 sesi.

"Untuk pendaftar terbanyak sendiri yakni di Prodi Pendidikan Agama Islam, yang terdiri dari 2454 peserta. Kemudian Komunikasi dan Penyiaran Islam sebanyak 1707 peserta dan Ekonomi Syariah sebanyak 1675 peserta. UIN Sunan Kalijaga menduduki peringkat ke dua pendaftar terbanyak se-PTKIN di Indonesia," terangnya.

Dalam tes UM-PTKIN ini, juga ada tiga peserta difabel yang terdiri dari tuna rungu dan tuna daksa yang ikut dalam tes.

"Kalau peserta difabel sendiri ditempatkan pada ruang yang mudah dijangkau di lantai satu dan didampingi oleh staf khusus dari Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga," ungkapnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved