Bantul

Program Memilah Sampah Menjadi Emas Diluncurkan di Bantul

Program ini bertujuan untuk memunculkan kesadaran masyarakat untuk memilah sampah sekaligus meningkatkan keuangan keluarga.

Program Memilah Sampah Menjadi Emas Diluncurkan di Bantul
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Abdul Halim Muslih meluncurkan program memilah sampah menjadi emas, Senin (1/7/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - PT Pegadaian Kanwil XI bekerja sama dengan BUMDes Panggung Lestari dan Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKK) Nahdatul Ulama meluncurkan program memilah sampah menabung emas, The Gade Clean and Gold.

Program ini bertujuan untuk memunculkan kesadaran masyarakat untuk memilah sampah sekaligus meningkatkan keuangan keluarga.

Senior Vice President PT Pegadaian (persero) Kanwil XI Mulyono mengatakan, masyarakat dapat memilah sampah yang nantinya dapat ditukar emas.

Kampoeng Mataraman Olah Hasil Bumi Warga Jadi Berbagai Menu Menarik

"Sampah yang sudah dipilah bisa ditukar dalam bentuk pendanaan untuk membeli emas dalam pecahan terkecil," kata Mulyono saat ditemmui Tribunjogja.com usai launching program mengubah sampah menjadi emas, Senin (1/7/2019) pagi di Rumah Pengelolaan Sampah, Panggungharjo, Sewon.

Kata Mulyono, dana yang kecil sekalipun jika tidak dialokasikan untuk investasi akan cepat habis.

"Dana Rp 20-30ribu kalau tidak dialokasikan investasi yang retail akan cepat habis. Nanti setelah jadi tabungan emas bisa ditingkatkan lebih lanjut di produk pegadaian," tuturnya.

Dari hasil memilah sampah, dapat ditukar dengan tabungan emas dengan nominal paling kecil 0,01 gram dengan harga Rp6.750.

"Dengan nominal paling kecil sudah bisa investasi. Emas dari dulu sampai sekarang juga harganya sangat terlindungi," ujarnya.

Mahasiswa ITNY Buat Tempat Sampah Cerdas, Bisa Deteksi yang Buang Sampah Sembarangan

Pada kesempatan tersebut, PT Pegadaian Kanwil XI membuka 200 tabungan emas bebas biaya.

"Nanti selanjutnya masyarakat bisa menambah sendiri. ASN juga akan difasilitasi untuk membuka tabungan emas ini," katanya.

Halaman
12
Penulis: amg
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved