Mahasiswa Mancanegara IKuti Enjoy Youth Camp di UIN Sunan Kalijaga

Ratusan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara mengikuti acara Enjoy Youth Camp (Enjoy Camp) 2019 di Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mahasiswa Mancanegara IKuti Enjoy Youth Camp di UIN Sunan Kalijaga
ist
Ratusan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara mengikuti acara Enjoy Youth Camp (Enjoy Camp) 2019 di Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Masih satu rangkaian dengan acara Annual International Converence On Social Sciences And Humanities, ratusan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara mengikuti acara Enjoy Youth Camp (Enjoy Camp) 2019 di Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Agenda selama 3 hari (28-30/6/2019) ini dibuka secara formal dengan pelepasan merpati oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Waryono, M. Ag., dan penanaman pohon perdamaian oleh Dekan Fishum Dr. Mochamad Sodik bersama perwakilan mahasiswa dari enam negara peserta Enjoy Camp. 

Acara ditutup menyerukan deklarasi dan malam kebudayaan, serta penyampaian penghargaan Competition Aword.

Mereka yang hadir di forum ini adalah para mahasiswa dari berbagai universitas dalam dan luar negeri dari lima negara di Asia Tenggara, yakni Filipina, Brunei, Malaysia, Singapura, Thailand.

Dari PT dalam negeri antara lain UIN Maulana Malik Ibrahim, UIN Sunan Kalijaga, UIN Raden Patah Palembang, UIN Antasari Banjarmasin, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Mercu Buana, UGM, IAIN Surakarta, UIN Suska Riau, UIN Palangkaraya, IAIN Kerinci, IAIN Bukitinggi, Universitas Islam Sultan Sharif Ali.

Dari negara-negara di Asia Tenggara: Kolej. Universiti Islam Antar Bangsa Selangor, National University of Singapure, Prince of Songkla University, Thammasat University Lampang Campus, International Islamic University Malaysia, University of Liperpool, Singapure Institute of Technology, University of The Philipines, Diliman.

Sementara komunitas pemuda antara lain Komunitas Gusdurian, Perwakilan Pemuda Kristen, Perwakilan Pemuda Katolik, dan Perwakilan Pemuda Budha.

Menurut Direktur International Office UIN Sunan Kalijaga, Achmad Uzair, S.PI., MA., Ph.D., agenda ini bermaksud untuk menyatukan derap langkah generasi muda mahasiswa dan komunitas pemuda se- Asia Tenggara sebagai calon-calon pemimpin bangsa untuk menggapai masa depan yang lebih baik dalam satu kesatuan visi.

Hal ini dilatar belakangi, Asia Tenggara merupakan salah satu diantara beberapa daerah paling beragam di dunia.

Asia Tenggara memiliki banyak tradisi keagamaan seperti Islam, Hindu, Budha, Kong Hu Chu, dan Kristen, serta keyakinan lainnya. Di dalamnya, setidaknya tercatat ada 2.197 bahasa yang tersebar di seluruh daerah di Asia.

"Di samping keberagamannya, Asia Tenggara telah menjadi satu kesatuan komunitas utuh dalam hal perdagangan maupun non-perdagangan. Untuk menjadi satu komunitas yang kuat, perlu adanya penyesuaian dalam kebijakan, perspektif, hingga nilai. Anak muda yang selalu menjadi penggerak perekonomian di banyak negara sangat dibutuhkan untuk membangun Asia Tenggara ke depan," kata Uzair dalam rilis yang diterima tribunjogja.com.

Forum ini ditutup dengan Deklarasi anak muda ASEAN, yang menyuarakan pentingnya peran anak muda dalam mempromosikn nilai toleransi dan keberagaman (30/6/19), di Depan Selfy Corner (halaman gedung Prof. Saifudin Zuhri, kampus UIN Sunan Kalijaga), sebagai hasil akhir International Jogja Youth Camp. (*/Weni)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved