Siaran Pers

Aplikasi Restoku Bantu UMKM Bidang Kuliner Lakukan Transformasi Digital untuk Maksimalkan Potensi

Restoku adalah startup pengembang aplikasi yang mengakomodasi berbagai keperluan bisnis industri di bidang kuliner

Aplikasi Restoku Bantu UMKM Bidang Kuliner Lakukan Transformasi Digital untuk Maksimalkan Potensi
restoku.id
Restoku 

Aplikasi Restoku Bantu UMKM di Bidang Kuliner Lakukan Transformasi Digital untuk Maksimalkan Potensi Bisnis

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menurut data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), di awal tahun 2018 kurang lebih ada 8,2 juta unit usaha kreatif dan 68% di antaranya bergerak di bidang kuliner. Sebagian besar pemain di industri tersebut berasal dari kalangan UMKM.

Dalam upaya meningkatkan pertumbuhan bisnis industri kuliner, banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya dengan melakukan optimasi proses bisnis menggunakan teknologi. Untuk membantu UKM di bidang kuliner melakukan transformasi digital, Ageng Sajiwo (CEO) dan Dimas Agil Tejo (CTO) mengembangkan aplikasi Restoku.

Aplikasi Restoku dapat diunduh gratis diperangkat Android. Dengan bermodal smartphone, pemilik usaha kuliner bisa memiliki sistem digital komprehensif berbasis komputasi awan, meliputi layanan PointofSales, Pointof Supply, dan PointofSDM.

Layanan PointofSales membantu pebisnis mencatat uang masuk dan keluar, termasuk mengelola pencatatan penjualan, pengaturan stok bahan baku, perhitungan foodcost, dan pengelolaan pelanggan. Selain meminimalkan kecurangan, sistem yang transparan dapat membantu pemilik bisnis melakukan analisis perkembangan dari laporan penjualan yang diberikan sistem.

Sementara layanan Pointof Supply memungkinkan pemilik usaha memperoleh informasi mengenai harga bahan baku dan ketersediaannya. Restoku secara khusus bermitra dengan suppiler yang telah diseleksi berdasarkan lokasi, jenis barang, jumlah produksi, tingkat kebersihan, dan legalitas.Dengan supply-chain yang efektif, memudahkan UMKM kuliner untuk melakukan scale-up bisnis.

Restoku juga menjembatani para pekerja dengan pelaku usaha yang tengah membutuhkan karyawan melalui layanan PointofSDM.

Formulir dengan standardisasi dan kemitraan bersama pusat pelatihandiharapkan dapat membuat pebisnis mendapatkan pemenuhan talenta secara cepat dan efisien, termasuk membantu mengurangi turn-over karyawan.

Ketiga layanan tersebut terintegrasi dalam aplikasi Restoku memanfaatkan teknologi cloud, sehingga memungkinkan terjadinya sinkronisasi dua arah; baik pada saat digunakan oleh waiter, kasir, maupun owner bertransaksi. Semua transaksi dan laporan tetap aman walaupun ada kerusakan atau kehilangan perangkat. Aplikasi juga tetap dapat digunakan saat tidak terkoneksi internet, ketika online semua data otomatis disimpan dan diselaraskan.

Pendekatan edukatif juga dijadikan nilai penting Restoku dalam mewujudkan visi menjadikan UMKM kuliner profitable, repeatable dan scalable. Dengan pemanfaatan teknologi machinelearning dan big data Restoku tidak hanya sebagai tools yang membantu dan mempermudah oprasional, namun menjadi mentor dengan memberikan pop-up pesan peringatan atau masukan dalam pengambil keputusan bisnis.

Halaman
12
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved