Suara PKS pada Pemilu 2019 di DIY Meningkat

Perolehan suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meningkat dibandingkan dengan pemilu 2014 silam.

Suara PKS pada Pemilu 2019 di DIY Meningkat
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
M Darul Falah Ketua DPW PKS DIY (kiri) dan Sukamta Caleg PKS saat ditemui media usai Syawalan Partai di Kantor DPW PKS DIY di kawasam Jalan Gambiran Kota Yogyakarta, Minggu (30/6/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemilu 2019 mencatatkan hasil positif bagi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) khususnya di DIY.

Perolehan suara partai islam ini meningkat dibandingkan dengan pemilu 2014 silam.

M Darul Falah selaku Ketua DPW PKS DIY menjelaskan peningkatan suara ini terjadi baik di level kota/kabupaten maupun provinsi.

"Di tingkat Kabupaten PKS secara keseluruhan di DIY mendapat 9,4 persen suara dari suara sah. Persentase tertinggi perolehan suara ada pada tingkat provinsi dengan 11 persen suara dan kemudian di tingkat DPR RI mendapatkan 10,5 persen suara," beber Falah usai Syawalan Partai di Kantor DPW PKS DIY, Minggu (30/6/2019).

Falah membeberkan, persentase peningkatan suara tertinggi dicapai di tingkat pusat, yakni sebesar 45 persen diikuti provinsi 35 persen dan tingkat Kota/Kabupaten sebesar 20 persen, ini dibandingkan dengan perolehan suara pada Pemilu 2014.

Hal ini terbukti dengan catatan internal partai yang menyebutkan bahwa PKS menyedot 2.726.359 suara pada pemilu 2019 dari seluruh TPS yang ada di DIY.

Wilayah dengan raihan suara terbanyak berada di Kabupaten Sleman dengan 779.687 suara. Diikuti Bantul dan Gunungkidul dengan masing-masing mengumpulkan 704.305 dan 607.112 suara. Sedangkan perolehan suara terendah kedua ada di Kulon Progo dengan 334.392 suara dan paling rendah ada di Kota Yogyakarta dengan 300.863 suara.

Berkat raihan ini, PKS di DIY berhasil meloloskan satu kursi di DPR RI yakni dengan perolehan tertinggi oleh Sukamta dan tujuh kursi DPRD DIY dengan masing-masing dapil menyabet satu kursi.

Sementara untuk masing-masing Kota/Kabupaten, PKS mencatat rata-rata berhasil menduduki satu kursi DPRD Kota/Kabupaten dari satu dapilnya. Hanya Bantul dan Gunungkidul yang meleset dari rata-rata.

Sleman dengan enam dapilnya berhasil mengantarkan enam kursi, Kota Yogyakarta lima dapil berhasil menduduki lima kursi dan Kulon Progo dengan lima dapil berhasil menyabet lima kursi. Sedangkan untuk Bantul hanya berhasil menduduki empat kursi dari enam dapil dan Gunungkidul menduduki empat kursi dari lima dapil.

Berkat raihan ini, Falah mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat yang mau mempercayakan amanah kepada partainya. Selain itu pihaknya juga mengapresiasi kepada seluruh Caleg PKS, jajaran struktur, kader, simpatisan dan relawan yang telah bekerja keras bahu membahu untuk pemenangan pemilu di DIY.

"lni tentu kepercayaan yang besar dan semoga bisa diwujudkan dalam perjuangan di mimbar legislatif. Pilihan masyarakat ink tak lain berkat kerja keras seluruh kader, bantuan dan dukungan dari seluruh komponen masyarakat DIY yang merespon program-program yang baik yang telah dilakukan oleh PKS," tandasnya.

Kedepan, pihaknya akan melakukan konsolidasi kepada para caleg yang lolos dan melakukan pembinaan internal agar cita-cita partai sejalan dengan suara yang digaungkan di kursi legislatif.

"Selain Konsolidasi internal terkait regenerasi kita juga akan kumpulkan bagaimana ngopeni suara yang sudah diraih ini," tutupnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved