Resmi Ditetapkan Jadi Presiden untuk Kali Kedua, Jokowi Ajak Masyarakat Bersatu Kembali

Resmi ditetapkan sebagai Presiden untuk periode 2019-2024, Presiden Jokowi ajak rakyat kembali bersatu.

Resmi Ditetapkan Jadi Presiden untuk Kali Kedua, Jokowi Ajak Masyarakat Bersatu Kembali
Kompas.com/Garry Lotulung
Pasangan capres-cawapres Jokowi-Maruf Amin 

TRIBUNJOGJA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 pada Minggu (30/6/2019) siang.

Atas keputusan ini, Presiden Jokowi yang telah mengemban amanat untuk kali kedua sebagai Presiden Republik Indonesia mengajak masyarakat untuk kembali bersatu untuk kemajuan Indonesia.

Presiden menyampaikannya melalui unggahan di Instagram pada Minggu malam sekitar pukul 21.50 WIB.

Jokowi mengunggah gambar lukisan wajahnya dan Ma'ruf Amin dengan latar kearifan lokal Indonesia, yang melambangkang berbagai macam keanekaragaman yang dimiliki bangsa ini.

"Rangkaian pesta demokrasi Pemilihan Presiden 2019 telah berakhir, yang ditandai dengan Rapat Pleno KPU yang menetapkan pasangan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2019-2024, siang tadi.

Dengan ini, saya mengajak seluruh rakyat untuk bersatu kembali sebagai saudara sebangsa dan setanah air, dan melupakan perbedaan pilihan politik yang lalu," tulis akun @jokowi.

Seandainya Prabowo Hadir di Pelantikan Presiden, Jokowi Akan Sangat Bahagia

Resmi! Jokowi - Maruf Amin Jadi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Sementara itu, Wakil Presiden terpilih, K.H. Ma'ruf Amin telah terlebih dulu mengunggah fotonya bersama Presiden Jokowi mengunjungi kantor KPU, Minggu sore.

Melalui akun Instagram @khmarufamin_, Ma'ruf Amin menceritakan sekilas makna pakaian yang dikenakannya bersama Presiden Jokowi saat di KPU.

"Bismillahirraahmanirrahiim.
Alhamdulillah sore ini saya bersama pak Jokowi memenuhi undangan untuk datang ke kantor KPU. Kedatangan kami kali ini dijadwalkan untuk menerima mandat dan petikan penetapan presiden beserta wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

Kami berdua sengaja kompak memakai baju dengan warna senada. Putih-putih yang selama ini menjadi ciri khas kami. Pak Jokowi dengan gaya khas beliau menggunakan celana kain dan sneakers, sedangkan saya mengenakan sarung yang dipasangkan dengan sepatu pantofel.

Sering sekali saya memakai sarung dalam banyak kesempatan. Sarung sendiri merupakan kain kebanggaan dan warisan budaya yang begitu bernilai.

Sarung mencerminkan keragaman Nusantara. Pakaian khas ini bisa ditemukan di hampir semua pulau di Indonesia. Variasinya yang mengikuti budaya-budaya etnis dan suku di Indonesia menjadi bukti betapa kayanya khasanah sejarah dan tradisi kita. Mengenakannya sama dengan melestarikan jati diri kita," tulis akun tersebut.

( Tribunjogja.com | Fatimah Artayu Fitrazana)

Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: ose
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved