DPW PKS DIY Usulkan Partai Tetap di Berada Jalur Oposisi

PKS harus tetap berada di jalur oposisi. Pilihan ini telah diputuskan melalui rapat oleh pengurus harian PKS di DIY.

DPW PKS DIY Usulkan Partai Tetap di Berada Jalur Oposisi
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
M Darul Falah Ketua DPW PKS DIY (kiri) dan Sukamta Caleg PKS saat ditemui media usai Syawalan Partai di Kantor DPW PKS DIY di kawasam Jalan Gambiran Kota Yogyakarta, Minggu (30/6/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DPW PKS DIY menegaskan akan mengusulkan kepada Dewan Pimpinan Pusat terkait posisi PKS pascabubarnya koalisi Adil Makmur dan putusan MK tempo hari.

M Darul Falah Ketua DPW PKS DIY mengatakan PKS harus tetap berada di jalur oposisi. Pilihan ini telah diputuskan melalui rapat oleh pengurus harian PKS di DIY.

"Kami DPW PKS DIY akan mengusulkan kepada DPP PKS agar tetap konsisten menjadi oposisi atau berada di luar pemerintahan," terang Falah saat ditemui media usai Syawalan Partai di Kantor DPW PKS DIY, Minggu (30/6/2019).

Menurutnya hal ini penting dilakukan untuk menunjukkan sikap konsisten partai terhadap pilihan politik yang selama ini telah dijalankan.

Konsistensi pilihan inilah yang menurutnya menunjukkan demokrasi akan berjalan dengan benar. Selain itu, konsisten di oposisi akan membuat proses demokrasi menjadi seimbang.

"lni penting dilakukan agar ada check and balance terhadap pemerintah yang berkuasa dan tetap bersikap kritis atas kebijakan pemerintah yang salah/merugikan kepentingan rakyat," tandasnya.

Sementara itu, sikap konsisten tersebut juga menjadi bukti bahwa PKS selama ini tidak berjalan setengah-setengah dalam menentukam pilihan.

"Makanya kami konsisten dan juga ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kami setelah kemarin kita memutuskan mendukung pasangan 02 yang notabene lawan dari pemerintah," sebutnya.

Kendati demikian, pihaknya menyerahkan keputusan kepada DPP. Ia berujar, keputusan koalisi atau tidak yang berhak menentukan adalah majelis syuro dan pimpinan pusat.

"Aspirasi akan kami sampaikan ke pusat agar tetap oposisi tapi keputusan kita kembalikan ke pusat melalui majelis syuro," tandasnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved