Pemantapan Kloter 29-SOC: Tiga Kata Kunci Keberhasilan Haji ala Kakanwil

Kloter ini sebagian besar berasal dari jamaah Kabupaten Kulon Progo, ditambah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta.

Pemantapan Kloter 29-SOC: Tiga Kata Kunci Keberhasilan Haji ala Kakanwil
Istimewa
Jamaah haji kloter 29-SOC mengikuti pemantapan kloter di Asrama Haji DIY 

TRIBUNJOGJA.COM -  Disiplin, koordinasi dan integrasi. Tiga kata ini menjadi kunci keberhasilan penyelenggaraan haji.

Kakanwil Kementerian Agama DIY Edhi Gunawan menandaskan hal itu saat memberikan materi pemantapan Kloter 29-SOC, Kamis (27/6/2019) di Asrama Haji Yogyakarta Jalan Lingkar Utara Mlati Sleman.

Kloter ini sebagian besar berasal dari jamaah Kabupaten Kulon Progo, ditambah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta.

"Disiplin jadwal, barang bawaan, antre, taat aturan dan tanggung jawab harus dipegang teguh oleh jamaah," tegas Kakanwil. Selain disiplin, Kakanwil juga meminta kepada seluruh jamaah agar saling koordinasi. "Baik koordinasi sesama jamaah, regu, rombongan maupun kloter," sambung Kakanwil.

Kunci ketiga integrasi, penyatuan seluruh komponen kloter sehingga dapat kompak dan terjalin soliditas. "Jika tiga kata kunci ini dipegang, insya Allah ibadah haji yang dijalani akan lancar dan mendapat kemudahan," pungkas Kakanwil.

Materi selanjutnya diberikan oleh Kasi Pembinaan Haji dan Umrah Kemenag DIY Imam Khoiri yang antara lain meminta jamaah untuk memperdalam ilmu manasik. "Mumpung masih ada waktu sekitar tiga pekan, silakan memperdalam ilmu manasik karena hukumnya fardhu 'ain," kata Imam.

"Kalau ilmu manasik mantap, maka jamaah tidak bergantung sepenuhnya kepada pembimbing yang jumlahnya terbatas," ujarnya lagi.

Kloter 29-SOC ini terdiri dari 1 Ketua Kloter, 1 Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) terdiri 1 Dokter dan 2 Paramedis, Tim Pembimbing Hjai Daerah (TPHD) dan jamaah 352 orang. Ketua Kloter 29-SOC adalah Saeful Hadi yang juga Kasi Bimas Islam Kemenag Kulon Progo. (rls)

Editor: ribut raharjo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved