Bisnis

Masyarakat Lebih Banyak Kirim Paket Makanan via Same Day Delivery Selama Bulan Puasa

Bulan puasa Mei - Juni 2019 ini, konsumen semakin sering mengirim paket berupa makanan, lewat pengiriman same day delivery.

Masyarakat Lebih Banyak Kirim Paket Makanan via Same Day Delivery Selama Bulan Puasa
istimewa
Dari data pengiriman paket same day delivery Paxel selama bulan puasa, persentase konsumen yang mengirim paket berupa makanan naik jadi 52%. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Bulan puasa Mei - Juni 2019 ini, konsumen semakin sering mengirim paket berupa makanan, lewat pengiriman same day delivery.

Dari data pengiriman paket same day delivery Paxel selama bulan puasa, persentase konsumen yang mengirim paket berupa makanan naik jadi 52%.

Makin banyaknya paket makanan yang melintas antar kota antar provinsi ini berbanding lurus dengan jumlah total pengiriman same day delivery yang melonjak tajam sepanjang  5 Mei - 4 Juni 2019, dibanding pengiriman pada bulan sebelumnya di tahun 2019.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

“Selama bulan puasa, kami melihat konsumen lebih ingin produknya cepat sampai, sehingga jumlah pengiriman melonjak tajam. Konsumen lebih banyak mengirim makanan beku baik dalam maupun antar kota,” kata Co-Founder Paxel yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Dari data pengiriman barang pedagang ritel yang menggunakan Paxel sepanjang bulan puasa 2019 ini, terungkap beberapa temuan menarik yang bisa menggambarkan kegiatan ekonomi menjelang, hingga selama bulan puasa.

Tercatat, sepanjang bulan puasa, konsumen paling banyak menggunakan same day delivery untuk mengirim produk makanan (52%), diikuti fesyen (20,7%), produk kesehatan dan kosmetik (10,8%), buku (6,7%) dan  peralatan rumah tangga (4,2%).

Hal ini berbanding terbalik dengan jenis paket lainnya, pengiriman buku dan dokumen malah menurun di bulan puasa, dibanding dengan empat bulan sebelumnya.

Bisnis Jasa Pengiriman Naik 30 Persen

Terlihat pula, satu minggu sebelum mudik dan libur lebaran, konsumen semakin banyak mengirim paket dengan layanan same day delivery.

Puncak pengiriman barang terjadi pada minggu ketiga puasa, tanggal 27 hingga 31 Mei 2019, dimana lonjakan pengiriman mencapai 121%.

Halaman
12
Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved