Pendidikan

Learn Work Assignment (LWA) untuk Penyelarasan Pembelajaran Vokasi

LWA mengasumsikan pemecahan masalah di dunia kerja dengan menggabungkan input teoritis dengan tugas kerja spesifik berorientasi pada kerja tim.

Learn Work Assignment (LWA) untuk Penyelarasan Pembelajaran Vokasi
Dokumentasi Humas UNY
Pengukuhan Mochamad Bruri Triyono sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pembelajaran Vokasi, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM - Di dalam Revolusi industri 4.0, kompleksitas pekerjaan dan ragam kebutuhan masyarakat memanfaatkan teknologi yang terus berkembang semakin mendorong industri untuk terus berinovasi.

Mochamad Bruri Triyono, dalam pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar Bidang Bidang Ilmu Pembelajaran Vokasi, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengungkapkan, inovasi industri akan tergantung pada kreatifitas manusia sebagai pekerja di industri tersebut.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Sedangkan kualitas manusia akan tergantung pada kualitas Lembaga Pendidikan dan Pelatihan tempat calon pekerja disiapkan.

Menurutnya, dalam proses pendidikan di lembaga pendidikan vokasi, faktor pembelajaran yang berkaitan dengan pembentukan keterampilan dan pemenuhan pengalaman belajar vokasional yang diselaraskan dengan Revolusi Industri 4.0 menjadi fokus perubahan perilaku ke arah kompetensi yang diharapkan oleh dunia kerja saat ini dan masa depan.

"Di dalam revolusi industri 4.0 memiliki ciri yang berkaitan dengan perkembangan teknologi digital, pengenalan Internet of Things and Services yang berkaitan dengan perubahan kultur masyarakat (society 5.0) ke dalam lingkungan manufaktur, mengantarkan pada berbagai perubahan sistem dan model dalam pembelajaran untuk penyiapan tenaga kerja," terangnya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Daftar Prodi Soshum dan Saintek di UNY dengan Jumlah Peminat Terbanyak Jalur SBMPTN 2019

Guru besar UNY ke-140 ini menjelaskan di masa yang akan datang, 80% bisnis akan membangun jaringan global yang menggabungkan mesin, sistem pergudangan, dan fasilitas produksi mereka dalam bentuk sistem cyber-physical system (CPS) yang mampu bertukar informasi secara mandiri, memicu tindakan, dan saling mengendalikan secara mandiri.

"Penggunaan Learn Work Assignment (LWA) untuk penyelarasan pembelajaran vokasi untuk Revolusi Industri 4.0 dapat diartikan menggunakan metode pembelajaran yang berkelanjutan dari pendidikan formal sampai dengan pendidikan dan pelatihan di dunia kerja," ungkapnya.

Pembatasan waktu pembelajaran diakhiri dengan ketercapaian pengalaman belajar secara holistik pada setiap penyelesaian suatu masalah di dunia kerja.

Mahasiswa UNY Ciptakan Lotion Anti Nyamuk yang Aman Untuk Kulit Berbahan Baku Daun Biduri

Menurutnya, LWA akan menambah pengalaman pembelajaran nyata di dunia kerja sekaligus memperoleh dokumentasi kompetensi baru dari pengalaman kegiatan pemecahan masalah.

"Dari sisi didaktik, LWA dipandang sebagai unit perencanaan partisipatif, kerjasama kegiatan dunia pendidikan dan dunia kerja, pemecahan masalah di dunia kerja, penilaian hasil kerja/produk, dan mempunyai langkah refleksi untuk masalah baru yang sejenis," katanya.

Untuk konsep LWA Penugasan Pekerjaan dan Pembelajaran mempunyai ketegasan bahwa proses kerja di dunia kerja merupakan bagian utama yang tidak dapat dirubah.

Selanjutnya, LWA mengasumsikan pemecahan masalah di dunia kerja dengan menggabungkan input teoritis dengan tugas kerja spesifik berorientasi pada kerja tim yang dapat mendukung pengembangan kompetensi peserta didik. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved