Bisnis

Program Candi Darling Djarum Foundation Hijaukan Candi Prambanan

Gerakan Siap Darling mengajak generasi milenial untuk tak hanya sekedar peduli, namun terlibat langsung dalam melakukan aksi nyata

Program Candi Darling Djarum Foundation Hijaukan Candi Prambanan
TRIBUNJOGJA.COM / Victor Mahrizal
Sejumlah mahasiswa mengambil bibit tanam gratis di Lapangan Garuda Candi Prambanan, Rabu (26/6/2019). Mereka mengikuti Bakti Lingkungan Djarum Foundation dalam gerakan Candi Darling atau Candi Sadar Lingkungan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tak kurang dari 500 mahasiswa dari berbagai universitas di DI. Yogyakarta, Rabu (26/6/2019) mengikuti Bakti Lingkungan Djarum Foundation dalam gerakan Candi Darling atau Candi Sadar Lingkungan.

Gerakan Siap Darling mengajak generasi milenial untuk tak hanya sekedar peduli, namun terlibat langsung dalam melakukan aksi nyata, bergerak bersama-sama dan mengejar mimpi masa depan tanpa menambah jejak-jejak kerusakan pada bumi.

"Prakarsa Siap Darling melalui program Candi Darling merupakan langkah nyata dalam menggerakkan generasi milenial khususnya mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan, juga turut berperan serta menghijaukan situs-situs cagar budaya Indonesia," kata Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji.

465 Mahasiswa Ikuti Leadership Development Djarum Foundation Gelar

Penghijauan yang dilakukan oleh mahasiswa di beberapa universitas di DI Yogyakarta ini secara serentak untuk kurang lebih 250 pohon dan 5.000 semak berbunga yang terdiri dari 25 varietas pohon dan semak berbunga yang ditanam tersebar di kawasan candi yang ikonik tersebut.

"Melalui terserlenggaranya program Candi Darling di Kawasan Candi Prambanan ini, diharapkan lingkungan candi bisa semakin teduh dan cantik sehingga semakin menarik wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara,” imbuhnya.

Ratusan pohon dan ribuan semak berbunga ini diharapkan akan semakin mempercantik Kawasan Candi Prambanan, dimana bibit-blbit tanaman tersebut berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation di Kudus.

Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan Djarum Beasiswa Plus Digelar di Yogyakarta

General Manager PT PT Taman Wisata Candi (TWC) Unit Candi Prambanan, Aryono Hendro Malyanto menyampaikan bahwa Kawasan Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang ada di DIY dan Jawa Tengah.

"Kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan pada tahun 2018 mencapai lebih dari 2,4 juta wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara dan pada Libur lebaran kemarin mencapai lebih 50 ribu pengunjung yang berwisata di tempat ini,” tutur Aryono.

Kegiatan Candi Darling ini juga memberikan paparan edukasi mengenai fenomena pemanasan global yang terjadi akibat kegiatan manusia.

Edukasi yang dikemas dengan format talk show kali ini dipandu oleh Tommy Tjokro dan menghadirkan youtuber Andovi da Lopez dari Skinny Indonesian 24 serta rapper, Igor Saykoji.

”Pemanasan global ini masalah yang sangat serius, kita harus bertindak sekarang. Tidak akan ada lagi hari esok jika kita tidak mulai hari ini. Mulailah dengan hal-hal sederhana, seperti buang sampah ke tempat yang seharusnya, dan pilahlah sampah sesuai jenisnya. Kita harus mengubah diri kita sendiri, sebelum kita bisa mengajak orang lain untuk berubah,” ujar Andovi.(TRIBUNJOGJA.COM)
 

Penulis: vim
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved