ADVERTORIAL

Bandara Adisutjipto Gelar Kegiatan Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat

Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih dan menguji kemampuan personel ketika terjadi keadaan darurat di bandara.

Bandara Adisutjipto Gelar Kegiatan Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat
istimewa
Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke-103 oleh Angkas Pura di landasan Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Rabu (26/6/2019) siang. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA - Pesawat Tapir Air tipe A320 dengan nomor penerbangan TP 103 rute JOG - KUL terbakar usai dilaporkan crash di sektor D-15 dan terhempas sejauh 125 Runway 09-27 Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu (26/6/2019) malam.

Penyebab kecelakaan pesawat diketahui karena mesin 1 yang mati.

Atas peristiwa ini dilaporkan 73 orang terdiri dari crew (8 orang) dan 65 penumpang selamat, 20 orang luka ringan dan 31 orang mengalami luka sedang dibawa ke Pasengger Holding Area.

Sementara korban 23 luka berat dibawa ke RSPAU Hardjolukito dan 15 orang korban meninggal ditangani oleh Tim DVI Polda DIY.

Kecelakaan pesawat di Bandara Adisutjipto ini merupakan skenario yang sengaja dibuat sebagai bagian dari latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke-103.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Kegiatan dimulai sejak pukul 14.00 WIB terdiri dari tiga rangkaian simulasi yang masing-masing mempunyai fungsi dan tujuan secara spesifik.

Ketiga rangkaian simulasi latihan penanggulangan keadaan darurat ini sendiri terdiri dari latihan terkait penanganan kebakaran gedung (domestic fire exercise), penanganan ancaman keamanan bandara (aviation security exercise), dan penanganan kecelakaan pesawat udara (aircraft accident exercise).

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih dan menguji kemampuan personel ketika terjadi keadaan darurat di bandara. Dalam kegiatan ini, fungsi koordinasi, komunikasi, komando, serta sinkronisasi antar unit dan instansi dilatih dan diuji,” kata Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero) Wendo Asrul Rose saat ditemui Tribunjogja.com.

Menilik Kesiapan Rencana Pemindahan Penerbangan dari Bandara Adisutjipto ke Bandara YIA

Proses pengujian sendiri disesuaikan dengan Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara (Airport Emergency Plan), Dokumen Program Keamanan Bandar Udara (Airport Security Programme) dan Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku di bandara udara.

Sementara dipilihnya waktu malam hari untuk pelaksanaan kegiatan ini bukan tanpa alasan.

Halaman
123
Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved