Sebelum Selfie Heboh di Medsos, Astronot Sudah Melakukannya di Luar Angkasa pada 1960-an

Astronaut NASA yang merupakan manusia kedua berjalan di bulan, Edwin Buzz Aldrin, mengklaim bahwa ialah orang pertama selfi di ruang angkasa pada 1966

Sebelum Selfie Heboh di Medsos, Astronot Sudah Melakukannya di Luar Angkasa pada 1960-an
IST/NASA
Selfie astronot Akihiko Hoshide yang sempat viral pada 2012 lalu. Edwin “Buzz” Aldrin, mengklaim bahwa ialah orang pertama yang mengambil selfie di ruang angkasa pada 1966 

TRIBUNJOGJA.COM - Swafoto atau selfie berawal saat tidak ada orang yang bisa membantu memotret Anda? Sehingga, salah satu caranya adalah dengan berswafoto atau selfie..

Potret diri memiliki sejarah panjang pada dunia seni. Dan dengan berkembangnya teknologi, swafoto yang diambil kamera atau ponsel pintar menjadi lebih populer dibanding lukisan.

Sejak 2014, Amerika Serikat bahkan menetapkan 21 Juni sebagai Hari Selfie Nasional untuk memperingati gaya potret diri yang berteknologi tinggi ini.

Kita berbicara tentang selfie yang mudah dilakukan di Bumi, tapi bagaimana dengan swafoto astronaut di luar angkasa?

Tahun lalu, melalui akun Twitternya, astronaut NASA yang merupakan manusia kedua yang bisa berjalan di bulan, Edwin Buzz Aldrin, mengklaim bahwa ialah orang pertama yang mengambil selfie di ruang angkasa.

Aldrin melakukannya saat misi Gemini XII pada tahun 1966..

“Namun, bagi saya, perlu bukti digital untuk bisa mengatakan itu sebagai selfie,” kata Jennifer Levasseur, kurator di Smithsonian National Air and Space Museum.

Buzz Aldrin yang mengklaim dirinya sebagai orang pertama yang melakukan selfie di luar angkasa.
Buzz Aldrin yang mengklaim dirinya sebagai orang pertama yang melakukan selfie di luar angkasa. ()

Menurut Levasseur, konsep selfie berkaitan langsung dengan budaya internet dan keinginan manusia untuk berinteraksi di platform sosial.

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa astronaut telah membawa kamera ke luar angkasa sejak 1960-an. Mereka telah mengambil banyak potret diri di sepanjang perjalanan.

Pada 1966, Aldrin menggunakan kamera Hasselblad yang didesain khusus untuk luar angkasa. Kamera ini dilengkapi dengan tombol ekstra besar untuk mengakomodasi sarung tangan tebal yang digunakan astronaut.

Astronaut Steve Robinson mengarahkan kamera khusus luar angkasa pada dirinya pada 2008.
Astronaut Steve Robinson mengarahkan kamera khusus luar angkasa pada dirinya pada 2008. (IST/NASA)

Hasselblad juga membuat kamera dengan warna hitam untuk meminimalisasi pantulan di jendela pengorbit.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved