Pemkot Yogyakarta Gelar PORKAR 2019 untuk Jaring Atlet dari Kalangan ASN

Edy Heri Suasana menjelaskan bahwa PORKAR tahun ini lebih semarak dari tahun sebelumnya.

Pemkot Yogyakarta Gelar PORKAR 2019 untuk Jaring Atlet dari Kalangan ASN
Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
Sekda Kota Yogyakarta Titik Sulastri saat memberangkatkan regu gerak jalan pertama dalam PORKAR 2019, di Halaman Balaikota Yogyakarta, Senin (24/6/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta (Pemkot) kembali menyelenggarakan Pekan Olahraga Karyawan (PORKAR) Kota Yogyakarta 2019.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Yogyakarta yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Acara, Edy Heri Suasana, menjelaskan bahwa PORKAR tahun ini lebih semarak dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini lebih banyak, sekitar 200 lebih selisih dari tahun lalu. Keterlibatan OPD juga meningkat karena sosialisasi lebih awal dan proses penyampaian surat menggunakan e-office membuat prosesnya cepat sekali," jelasnya ditemui seusai Upacara Pembukaan PORKAR 2019, di Halaman Balai Kota Yogyakarta, Senin (24/6/2019).

Nike Air Jordan Bercorak Indomie Bikin Heboh, Jonas Ungkap Cara Pembuatannya

Edy menjelaskan bahwa peserta berasal dari 46 OPD, 3 BUMD, dan 3 Instansi Vertikal dengan total jumlah peserta 1.467 orang.

Terkait cabang olahraga dalam PORKAR 2019 terdiri dari Lari 5 Km Putra dan Putri, Gerak Jalan Putra dan Putri, Bola Voli PUtra dan Putri, Tenis Meja Putra dan Putri, Bulu Tangkis Tunggal Putra dan Putri, Bulu Tangkis Ganda Putra dan Putri, Tenis Lapangan Tunggal Putra, Tenis Lapangan Ganda Putra, Catur dan Senam.

"Paling banyak peserta ada di cabang Gerak Jalan. Di mana untuk putra diikuti 49 tim yang terdiri dari 343 peserta dan putri 40 tim yang terdiri dari 280 peserta," jelas Edy.

Ia menambahkan bahwa rangkaian kegiatan PORKAR Kota Yogyakarta 2019 diawali dengan Lari 5 Km, dilanjutkan dengan acara Pembukaan PORKAR di Halaman Balaikota Yogyakarta, dan dilanjutkan dengan Gerak Jalan Putra dan Putri.

Perlombaan Tenis Meja dilaksanakan di Gedung Dwi Sotowarso, Bola Voli di GOR AMongrogo, Bulu Tangkis di GOR SKB Sorowajan, Catur di SMPN 13 Kota Yogyakarta, Tenis Lapangan di DKT Kota Yogyakarta pada 25-27 Juni 2019. Sedangkan senam dilaksanakan di Pendopo Graha Pandawa Balaikota Yogyakarta pada 26 Juni 2019.

"Kalau yang berbeda dari tahun lalu yakni ada senam jadul program Kemenpora untuk disosialisasikan ke masyarakat. Jadi ini senam yang menggunakan dasar analisis anatomi. Ada proses gerakan di sisi atas, anggota badan, kaki, tubuh sehingga sangat berbeda dengan aerobik," bebernya.
'
Edy menerangkan, kegiatan ini memiliki dua tujuan utama.

Pertama adalah agar ASN bisa memelihara kebugaran tubuhnya dan kedua adalah memilih atlet-atlet Pemkot yang disiapkan untuk Tri Lomba Juang tingkat DIY.

"Di sini ada atlet kita yang lolos ke PORDA. Lalu Tri Lomba Juang juga butuh peserta banyak. Kita siapkan event di daerah, kalau bisa lolos nasional. Ada potensi kalau di sini dari cabang lari," tuturnya. (*)

Penulis: kur
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved