Kota Yogyakarta

Kuota Disabilitas Khusus untuk Warga Kota

Hingga Senin (24/6/2019) siang, seluruh sekolah memiliki pendaftar hingga kuota di keenambelas SMP Negeri di Kota Yogyarta penuh.

Kuota Disabilitas Khusus untuk Warga Kota
istimewa
ilustrasi PPDB 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Proses pendaftaran mandiri untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP jalur wilayah berakhir hari ini, Selasa (25/6/2019) pada pukul 10.00.

Berdasarkan pantauan Tribun Jogja hingga Senin (24/6/2019) siang, seluruh sekolah memiliki pendaftar hingga kuota di keenambelas SMP Negeri di Kota Yogyarta penuh.

SMPN 15 Kota Yogyakarta misalnya, sekolah yang memiliki kuota terbanyak pada jalur zonasi wilayah ini menerima murid sebanyak 102 siswa, di mana 2 di antaranya adalah siswa disabilitas.

Melihat Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas di Pundong Bantul

Kepala SMPN 15 Yogyakarta, Siti Arina Budiastuti mengatakan bahwa tahun lalu pihaknya menerima 3 siswa disabilitas yang terdiri dari Tunagrahita ringan dan IQ rendah.

"Disabilitas yang mendaftar sementara belum ada. ini tadi baru ada satu tapi dari Sleman dan masih tanya karena memang bukan warga kota. DIa menunjukkan bukti lulusan inklusi. Kami koordinasi dengan Disdik, yang bersangkutan nantinya bisa mendaftar namun ikut kuota luar kota," jelasnya, Senin (24/6/2019).

Arina menjelaskan bahwa total siswa yang akan diterima melalui 4 jalur dalam PPDB 2019 di SMPN 15 Yogykarta adalah 340 siswa yang terbagi dalam 10 rombongan belajar (rombel).

Saat ini sudah ada 18 siswa yang diterima melalui jalur Bibit Unggul.

Terkait dengan penerapan sistem zonasi, Arina mengaku pihaknya tak memiliki kendala dalam menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

"Pengalaman zonasi ini sudah dari tahun lalu. Meski tanpa zonasi, kami sudah terbiasa menerima input yang kecil. Namun Alhamdulillah selalu ada peningkatan kualitas pada output kami," terangnya.

Pendaftaran PPDB SMA/SMK di DIY Dimulai Hari Ini, Berikut Tahapan Pendaftaran Online

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved