Yogyakarta

Potensi Ekspor Ikan Hias di Yogyakarta Besar

Yogyakarta perlu untuk melakukan ekspor ikan hias secara mandiri untuk busa mendapatkan keuntungan maksimal.

Potensi Ekspor Ikan Hias di Yogyakarta Besar
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Pemberian Bantuan sekaligus hadiah dalam peringatan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2019 yang diselenggarakan di Alun-alun Utara Yogyakarta oleh BKIPM, Minggu (23/6/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Yogyakarta memiliki potensi ekspor ikan hias yang besar.

Akan tetapi kebanyakan ikan hias yang dibudidayakan di Yogyakarta tidak langsung di ekspor ke luar negeri, namun dikirim terlebih dahulu ke Jakarta.

Sehingga nama Yogyakarta tidak tampak di mata dunia sebagai daerah penghasil ikan hias.

Berkenaan dengan hal tersebut, pada Minggu (23/6/2019), BKIPM (Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan) di momen Pembukaan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2019 yang diselenggarakan di Alun-alun Utara Yogyakarta, melakukan ekspor perdana ikan hias dari Yogyakarta.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Rina, Kepala BKIPM mengungkapkan ekspor perdana ikan hias tersebut merupakan bagian dari implementasi tugas badan karantina ikan, dimana pihaknya ingin mempercepat pelayanan publik.

Selain itu, Rina menerangkan jika produksi ikan Guppy di Yogyakarta dinilai besar, sehingga menurutnya perlu bagi Yogyakarta untuk bisa melakukan ekspor secara mandiri tanpa perantara daerah lain

"Hari ini kita bisa ekspor perdana ikan hias dari Jogja. Dulu tidak ada nama Jogja, dia akan dikirim ke Surabaya, atau Jakarta Jadi disebut ikan hias dari Jakarta," terangnya pada Yogyakarta.

Menurutnya, Yogyakarta perlu untuk melakukan ekspor ikan hias secara mandiri untuk busa mendapatkan keuntungan maksimal.

Peminat Ikan Guppy di Indonesia Sangat Besar

Rina menerangkan pengiriman ikan hias sedikit lebih sulit jika dilakukan melalui jalan darat.

Oleh karenanya pihaknya juga bekerjasama dengan pihak Bandara, dalam hal ini Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved