Sport

J150K Jadi Ajang Silaturahmi Pecinta Folding Bike

Praktis, pemandangan berbeda pun tersaji di halaman Balaikota Yogyakarta, yang tampak ramai, meski telah memasuki akhir pekan.

J150K Jadi Ajang Silaturahmi Pecinta Folding Bike
Istimewa
Jogja 150 Kilometer (J150K) Endurance 2019, pada Sabtu (22/6/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ratusan penggemar folding bike, atau sepeda lipat, tumpah ruah di Yogyakarta, untuk mengikuti agenda rutin yang sudah berlangsung dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Jogja 150 Kilometer (J150K) Endurance 2019, pada Sabtu (22/6/2019) pagi.

Praktis, pemandangan berbeda pun tersaji di halaman Balaikota Yogyakarta, yang tampak ramai, meski telah memasuki akhir pekan.

Bagaimana tidak, peserta dari berbagai daerah, yang ambil bagian dan teregistrasi secara resmi, nyaris menyentuh angka 1.000.

Gowes Asik Keliling Jogja Bersama Jogja Folding Bike

Ketua Panitia Pelaksana J150K, Ahmad Franky berujar, kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi pecinta folding bike di seluruh Indonesia.

Jadi, tidak ada persaingan untuk menjadi nomor satu, karena J150K lebih pada melihat sejauh mana tingkat ketahanan tubuh.

"Menempuh rute sejauh 150 kilometer, melalui wilayah Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul, event ini bersifat non kompetisi, namun mengedepankan endurance, sekaligus untuk ajang silaturahmi lah," katanya.

Ia pun memastikan, saat bersepeda para peserta akan disuguhi medan menantang, dilengkapi pemandangan nan elok.

Mengedepankan pola mix route, mulai dari jalan pedesaan dan perkampungan, hingga pesisir pantai, menjadi kawasan yang dilalui peserta.

Folding Bike, Fleksibel diajak Traveling

"Dengan mix route itu, akan membuat para pesepeda senang gowes di Yogyakarta. Apalagi, untuk jalan-jalan perkampungan di sini kan terbilang masih lengang ya, belum terlalu padat," cetusnya.

Meski sangat segmented, karena hanya dikhususkan bagi penggemar folding bike, antusiasme para peserta tetap luar biasa.

Selain jauh melebihi kuota awal yang dipatok untuk lebih kurang 600 pesepeda saja, mereka pun datang dari berbagai penjuru tanah air.

"Ya, jadi untuk asal peserta ini sangat variatif Artinya, hampir merata dari seluruh provinsi, atau kota di Indonesia. Sebut saja dari Jakarta, Bogor, Bali, Makasar, terus dari Medan juga cukup banyak," terangnya.

Jogja Folding Bike Sumbang Korban Lahar Dingin Merapi

Bahkan, lanjut Franky, saking antusiasnya, sebagian peserta yang berasal dari luar Pulau Jawa, sudah tiba di Yogyakarta, sejak beberapa hari sebelum J150K bergulir.

Terlebih, kebanyakan pesepeda datang bersama rombongan keluarga atau komunitasnya.

"Sejak Kamis, ada yang sudah di Yogyakarta. Uniknya, setelah acara mereka tidak langsung pulang, tapi ya habiskan weekend-nya. Jadi, hari Minggu, mereka sepedaan dulu sini," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved