Advertorial

HIMA ITNY Gelar Seminar Nasional Bahas TOD

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Yogyakarta menggelar seminar nasional dengan tajuk Strategi Pembangunan Transportasi

HIMA ITNY Gelar Seminar Nasional Bahas TOD
Istimewa
Seminar Nasional bertajuk Strategi Pembangunan Transportasi Indonesia Berbasis Perkeretaapian Menuju Indonesia Emas yang diselenggarakan oleh HIMA UTNY, Sabtu (22/6/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (HIMA ITNY) menggelar seminar nasional dengan tajuk Strategi Pembangunan Transportasi Indonesia BerbasisPerekeretaapian Menuju Indonesia Emas.

Dalam seminar tersebut, HIMA Teknik Sipil menghadirkan dua narasumber. Narasumber pertama adalah Guru Besar Teknik Sipil UGM, Prof. Dr. Ir.Agus T. Mulyono, ST.MT, ATU, IPU dan Dekan Fakultas Tekonologidan Desain Universitas Pembangunan Jaya,Dr.Ir. Resdiansyah, ST.,MT., IPM.

Pada kesempatan tersebut, Guru Besar Teknik Sipil UGM, Prof. Dr. Ir.Agus T. Mulyono, ST.MT, ATU, IPU mengungkapkan hakekat transportasi adalah proses perpindahan orang (penumpang), barang/jasa/dari asal perjalanan sampai tujuan akhir perjalan dengan selamat, aman, nyaman,tepat waktu(efektif), tertib, dan lancar serta dengan biaya operasional terjangkau.

Mahasiswa ITNY Buat Tempat Sampah Cerdas, Bisa Deteksi yang Buang Sampah Sembarangan

Namun demikian ada tiga komponen yang perlu dilalui, yaitu simpul transportasi, ruang transporasi, dan pelayanan transportasi.

"Simpul transportasi adalah simpul asal dan simpul tujuan. Ruang transportasi adalah darat, laut, dan udara. Sementara pelayanan transporasi adalah ketepatan travel time antar simpul dan waiting time simpul, keterjangkauan biaya,keamanan, kenyamanan, dan lain-lain," katanya, Sabtu, (22/6/2019).

Sayangnya ada beberapa penyakit kronis penyelenggaraan transportasi di Indonesia.

Untuk itu perlu, khususnya transportasi berbasis perkeretaapian, yaitu Transit Oriented Development (TOD). Melalui TOD diharapkan transportasi masal lebih optimal.

PENELITIAN : Mahasiswa ITNY Buat Peta Potensi Sinkhole di Ponjong, GunungKidul

Sementara itu, Dekan Fakultas Tekonologidan Desain Universitas Pembangunan Jaya, Dr.Ir. Resdiansyah, ST.,MT., IPM menambahkan bahwa TOD perlu dikembangkan, apalagi didaerah perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi. TOD dianggap menjadi solusi untuk mengurai kemacetan di kota besar di Indonesia.

"Sistem TOD diyakini menjadi solusi bagi masyarakat dikemudian hari dengan mobilitas tinggi, serta membutuhkan layanan transporatasi serta tempat tinggal yang terintegritas. TOD juga menjadi alternatif untuk mengurangi kemacetan dan mempercepat akses, tentu juga mendorong perbaikan moda transpotasi," tambahnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved