Sultan: Gunungkidul Tak akan Mendapat Apa-apa jika Kurang Kreatif

Sultan berharap pembangunan bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) dimanfaatkan oleh Gunungkidul yang memiliki wisata geopark dan pantainya.

Sultan: Gunungkidul Tak akan Mendapat Apa-apa jika Kurang Kreatif
KOMPAS.com/MARKUS YUWONO
Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan GKR Hemas saat acara Silaturahmi dan Syawalan di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Kamis (20/6/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Gubernur DIY Sri Sultan HB X menilai uji coba semipedestarian di Kawasan Malioboro akan memunculkan ruang kreatif baru.

Sultan berharap wilayah lain meniru pengembangan ruang kreativitas tersebut dengan mengembangkan wilayahnya.

"Sebagai contoh dibukanya ruang publik semi pedestrian Malioboro sebagai kawasan uji coba semipedestrian setiap Selasa Wage, maka muncullah aktivitas masyarakat yang menampilkan daya atraktif dan memberi nilai tambah Malioboro sebagai destinasi wisata budaya," katanya.

Hal itu disampaikan Sri Sultan dalam sambutan acara Silaturahmi dan Syawalan Gubernur DIY tahun 1440 H/ 2019 M di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari Gunungkidul, Kamis (20/6/2019).

Mahasiswa Fisipol UGM Bisa Sarapan Gratis Sebelum Ujian Semester

Menurut Sultan, kondisi ini akan memunculkan ruang kreativitas baru yang tak terprediksikan sebelumnya.

"Makanya jika pemerintah dan masyarakat kurang kreatif, Gunungkidul pun akan seperti raksasa yang tertidur lelap yang tak mendapat apa apa," ucapnya.

Dia juga berharap setelah adanya Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) atau Bandar Udara Internasional Yogyakarta (BIY), maka wisatawan berkunjung ke DIY bertamah banyak.

Raja Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat ini berharap pembangunan bandara dimanfaatkan oleh Gunungkidul yang memiliki wisata geopark dan pantainya.

"Agar wisatawan tak hanya tertarik ke Borobudur, yang harus kita bangun adalah regional image. Melihat Borobudur dari Yogya, bukan sebaliknya melihat Yogya dari Borobudur," ucapnya.

Dampak Ekonomi Pariwisata

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved