Kota Magelang

Pemkot Magelang Perkuat WKSBM di Tiap Kelurahan

Tujuannya agar mereka dapat berperan aktif melakukan pemberdayaan sosial di masyarakat.

Pemkot Magelang Perkuat WKSBM di Tiap Kelurahan
Istimewa
Para pengurus mengikuti kegiatan penguatan Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) kepada 20 pengurus WKSBM di Balai Kelurahan Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Kamis (20/6/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) Kelurahan Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, diberikan penguatan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang, Kamis (20/6/2019).

Tujuannya agar mereka dapat berperan aktif melakukan pemberdayaan sosial di masyarakat.

"Kelompok masyarakat merupakan investasi sosial pembangunan yang bertujuan mensejahterakan anggotanya termasuk dengan pelayanan-pelayanan sosial lainnya. Mereka diharapkan mampu mengatasi pemrasalahan sosial melalui kegiatan-kegiatan untuk memenuhi kebutuhan individu, keluarga/kelompok, dan masyarakat," ujar Kepala Dinsos Kota Magelang, Hardi Siswantono, di sela-sela kegiatan di Balai Kelurahan Jurangombo Selatan, Kamis (20/6/2019).

WKSB Dharma Sembada Sleman Raih Juara Tingkat Provinsi DIY

Dikatakan Hardi, pemberdayaan sosial melaui WKSBM merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota Magelang dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat bawah, serta mendorong peran serta aktif masyarakat.

"Wahana ini diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat di Kota Magelang," imbuhnya.

Dwi Ambar Pratiknyo, Penyuluh Sosial Muda Dinsos Kota Magelang, menambahkan WKSBM merupakan sarana untuk menyelesaikan berbagai masalah sosial yang tumbuh di lingkungan masyarakat, mengembangkan nilai-nilai seperti kegotongroyongan, kekeluargaan, kesetiakawanan sosial, dan menghargai perbedaan di lingkungan masyarakat.

Pemkot Magelang Gaji Guru Tidak Tetap (GTT) di Kota Magelang Sesuai UMR

"Ruang lingkup kegiatan WKSBM meliputi pertemuan-pertemuan rutin maupun insidental dengan jaringan kerjasama dan mendukung penyelenggaran penghimpunan dana sosial, seperti dana kematian, jimpitan beras, arisan dan berbagai gerakan sosial positif lainnya," paparnya.

Keberhasilan pengelolaan WKSBM tergantung pada komitmen, pengetahuan dan keterampilan pengurus WKSBM dalam melaksanakan tugasnya.

"Maka upaya penguatan dan pendampingan kepada pengelola WKSBM secara kontinyu dilaksanakan oleh Dinsos dan Kelurahan sebagai pembina fungsional dan teknis kegiatan WKSBM," ujarnya.

Penguatan WKSBM tahun 2019 ini pun terus digencarkan.

Tahun ini ada tiga WKSBM di tiga kelurahan. Kegiatan ini menghadirkan para pemateri antara lain Endras Riskiarto, selaku Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Dinsos.

Kemudian Dwi Ambar Pratiknyo, selaku penyuluh sosial muda dan Eny Sulistyowati dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved