Kota Magelang

Kompetisi Roket Air 2019 Kota Magelang, Ratusan Pelajar Beradu Kebolehan Membangun Roket Air

Kompetisi yang diselenggarakan Balitbang Kota Magelang tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat masyarakat dan generasi muda

Kompetisi Roket Air 2019 Kota Magelang, Ratusan Pelajar Beradu Kebolehan Membangun Roket Air
Istimewa
Para pelajar beradu kebolehan membuat roket air pada Kompetisi Roket Air (KRA) tahun 2019, di Bakorwil eks-Karesidenan Kedu, Kamis (20/6/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Ratusan pelajar beradu kebolehan membuat roket air pada Kompetisi Roket Air (KRA) tahun 2019, di Bakorwil eks-Karesidenan Kedu, Kamis (20/6/2019).

Kompetisi yang diselenggarakan Balitbang Kota Magelang tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat masyarakat dan generasi muda terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Kepala Balitbang Kota Magelang, Arif Barata Sakti, mengatakan, ada sebanyak 101 tim yang bertanding dalam ajang tahunan tersebut.

Kompetisi Roket Air Akan Segera Digelar

Setiap sekolah mengirim dua sampai tiga tim. Setiap tim terdiri dari dua siswa.

Mereka berkompetisi membuat roket air dari bahan-bahan sederhana, yang tak termanfaatkan, seperti botol bekas plastik, disulap menjadi roket air.

"Minat terhadap kompetisi roket air ini terus meningkat. Tahun ini, Ada 101 tim, masing-masing tim terdiri dari dua siswa. Setiap SMP mengirimkan jumlah tim yang bervariasi, antara 2-3 tim. Setiap tahun jumlah peserta terus meningkat. Tahun lalu hanya 50 tim, tahun ini bertambah dua kali lipat, terdiri dari 23 SMP," ujar Arif, Kamis (20/6/2019) di sela-sela kegiatan.

Sistem Zonasi PPDB 2019 Belum Dipahami Kepala Daerah, Pengamat Beri 4 Rekomendasi Perbaikan

Arif mengatakan, Kompetisi Roket Air (KRA) ini menjadi ajang bagi para pelajar mempraktekkan teori-teori yang diperoleh di bangku sekolah, seperti teori fisika, matematika dan teori ilmu lain, secara langsung di lapangan.

Kesannya sederhana, membuat roket air.

Namun dibutuhkan ilmu fisika untuk menghitung sudut dan teori ilmu lain agar roket air tersebut dapat terbang tinggi dan tepat menuju sasaran.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved