Pendidikan

Kompetisi Roket Air Akan Segera Digelar

Kompetisi ini akan berlangsung di BAKORWIL (Eks Karisidenan Kedu), dan diikuti oleh 100 tim (200 siswa) SMP sederajat se-Kota Magelang.

Kompetisi Roket Air Akan Segera Digelar
istimewa
Para peserta antusias mengikuti workshop roket air yang diselenggarakan oleh Balitbang Kota Magelang di Pendopo Eks-Bakorwil II Kota Magelang, Selasa (26/3/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Kompetisi Roket Air untuk pelajar SMP sederajat kembali diselenggarakan oleh Taman Pintar Yogyakarta pada Kamis, 20 Juni 2019 mulai pukul 08.00 WIB.

Berbeda dengan sebelumnya, yang mana dalam kegiatan kali ini dilaksanakan di Kota Magelang.

Nantinya, kompetisi ini akan berlangsung di BAKORWIL (Eks Karisidenan Kedu), dan diikuti oleh 100 tim (200 siswa) SMP sederajat se-Kota Magelang.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Afia Rosdiana, Kepala Bidang Taman Pintar menerangkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan kegiatan Apresiasi Budaya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Balitbang Kota Magelang yang bekerjasama dengan Taman Pintar.

"Berbeda dengan kompetisi lainnya, bahwa pada kegiatan ini terdapat banyak kegiatan pendukung seperti Workshop Mini Membatik yang diselenggarakan oleh Taman Pintar. Yaitu praktik dengan kain selebar sapu tangan berukuran 25 cm x 25 cm," ungkapnya pada Tribunjogja.com.

Untuk peserta membatik nantinya akan memulai proses dari awal, yakni membuat pola, mencanting, pencelupan, pewarnaan dan sampai dengan proses akhir pengeringan.

Hasil karya pun dapat dibawa pulang sebagai souvenir.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Taman Pintar juga bekerja sama dengan Gamaforce akan menampilkan beberapa kegiatan lainnya, antara lain pertama Simulator Pilot Pesawat Tanpa Awak, yakni Belajar bagaimana menerbangkan pesawat tanpa awak dengan simulator di TV.

Taman Pintar Kerjasama dengan Balitbang Kota Magelang Gelar Kompetisi Roket Air

Kedua FPV/Kacamata Pilot Drone yakni Merasakan sensasi menjadi Pilot Drone seperti gerakan belok kanan kiri, manuver berputar, manuver naik turun, dan sensasi mengkopiloti sebuah Drone.

Ketiga Balap Mini Drone; Berpacu dengan Mini Drone dalam arena yang menantang.

Keempat Pojok Kreatifitas dan Demo Sains, yakni menantang daya imajinasi dalarn berkarya dan dalam pengetahuan sains dan kelima Alat alat Peraga Interaktif Unggulan seperti Generator Van De Graff, dimana kegiatan ini merupakan Ekperimen mengalirkan listrik statis pada manusia yang menyebabkan rambut di kepala berdiri

Kerjasama penyelenggaraan Kompetisi Roket Air antara Taman Pintar dengan Balitbang Kota Magelang ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan dan memacu kreativitas generasi muda Indonesia terhadap sains, dalam hal ini teknologi roket sedini mungkin.

"Hal ini juga sejalan dengan visi Taman Pintar sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi sains dalam suatu kegiatan aplikasi sains dan teknologi untuk pelajar yang berbudaya dan inovatif," katanya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved