Wakil Wali Kota Yogyakarta : Uji Coba Malioboro Tidak Membuat Rugi Warga

Adanya kekhawatiran terkait logistik yang menurun, dijelaskan Heroe bukan kali pertama terjadi.

Wakil Wali Kota Yogyakarta : Uji Coba Malioboro Tidak Membuat Rugi Warga
Dok. Humas Pemkot Yogyakarta
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, saat memantau Uji Coba Malioboro menjadi Kawasan Semi Pedestrian, Selasa (18/6/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, menegaskan bahwa uji coba Malioboro menjadi kawasan semi pedestrian tidak akan merugikan siapapun, termasuk yang saat ini berkecimpung di dunia usaha.

Hal tersebut disampaikan sebelum melakukan peninjauan Kawasan Malioboro menggunakan sepeda kayuh bersama jajarannya, Selasa (18/6/2019).

Sejumlah personel ditempatkan di berbagai titik untuk mengarahkan pengguna kendaraan bermotor saat melintas di Kawasan Malioboro dalam Uji Coba Malioboro Semipedestrian, Selasa (18/6/2019).
Sejumlah personel ditempatkan di berbagai titik untuk mengarahkan pengguna kendaraan bermotor saat melintas di Kawasan Malioboro dalam Uji Coba Malioboro Semipedestrian, Selasa (18/6/2019). (Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah)

"Karena dengan ini, Insya Allah tidak ada yang membuat orang-orang jadi terugikan. Ini untuk kebaikan kita semua, untuk menjadikan Malioboro lebih kuat lagi brandnya, lebih kuat lagi orang untuk datang ke Malioboro," bebernya.

Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro, Wawali Kota Yogya Jamin Malioboro Tetap Tak Akan Sepi Pengunjung

Uji Coba Malioboro Semi Pedestrian, Wisatawan Manfaatkan Momen untuk Berfoto di Tengah Jalan

Adanya kekhawatiran terkait logistik yang menurun, dijelaskan Heroe bukan kali pertama terjadi.

Kekhawatiran tersebut juga muncul pada saat Pemerintah Kota Yogyakarta menata parkir Malioboro.

"Ya memang ke khawatiran ini kita pahami. Tetapi kan ketika sudah terbiasa, semua akan terbiasa. Ini kan bukan untuk menjadikan Malioboro mati, tetapi untuk menjadikan Malioboro lebih hidup," ujar Heroe.

Kendaraan tidak motor melintas kawasan Malioboro, Selasa (18/6/2019) pagi, bertepatan dengan pelaksanaan uji coba semi pedestrian Malioboro. Uji coba dilakukan sejak pukul 06.00 hingga 21.00 Wib.
Kendaraan tidak motor melintas kawasan Malioboro, Selasa (18/6/2019) pagi, bertepatan dengan pelaksanaan uji coba semi pedestrian Malioboro. Uji coba dilakukan sejak pukul 06.00 hingga 21.00 Wib. (Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho)

Ia menjelaskan bahwa uji coba ini akan dilakukan beberapa kali.

Saat ini pelaksanaan dilakukan pada Selasa Wage bertepatan dengan liburnya seluruh PKL di sepanjang Jalan Malioboro hingga Titik Nol.

"Besoknya lagi mungkin bisa (uji coba) malam hari sabtu atau malam sabtu. Uji coba ini dilakukan untuk menemukan apa sih sebenarnya (persoalan) yang masih perlu diselesaikan," ungkapnya.

Ujicoba Semi Pedestrian Malioboro Dilakukan Hari Ini, Berikut Ruas Jalan yang Masih Bisa Dilalui

Uji Coba Malioboro Semi Pedestrian Dimulai Pagi Ini, Wawali Kota Yogya Pantau Langsung ke Lapangan

Terkait kantong parkir, Heroe menyebut ada 7 titik parkir yang bisa digunakan pengunjung Malioboro.

Di antaranya Abu Bakar Ali, Beskalan, Senopati, dan sebagainya.

"Nanti sambil melihat perkembangan, karena masih dimungkinkan menambah. Masih ada lahan kosong yang dimungkinkan kita dorong pemiliknya untuk menjadikannya kantong parkir," tandasnya. (*)

Penulis: kur
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved