Yogyakarta

Beragam Kegiatan Akan Meriahkan Gelaran FKY 2019

Paksi Raras Alit mengatakan pembukaan FKY 2019 yang berada di Titik Nol Kilometer Yogyakarta ini akan menampilkan berbagai kesenian.

Beragam Kegiatan Akan Meriahkan Gelaran FKY 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Panitia Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2019 saat berkunjung ke Kantor Tribun Jogja 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sekitar 1200 peserta yang tergabung dalam berbagai kontingen dari komunitas seni dan budaya se-DIY akan meriahkan Pawai Pembukaan Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2019 yang akan dihelat pada 4 Juli 2019 mendatang.

Ketua Umum Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019, Paksi Raras Alit mengatakan pembukaan FKY 2019 yang berada di Titik Nol Kilometer Yogyakarta ini akan menampilkan berbagai kesenian.

"Rute pawai melalui Jalan Malioboro ke arah titik nol kilometer. Pada pembukaan nanti akan menampilkan Tari Kinanti Sandung yang dibawakan oleh 100 orang penari di panggung Jalan Pangurakan," ujarnya pada Selasa (18/6/2019).

FKY 2019 Bakal Digelar Bulan Depan

FKY 2019 yang berlangsung pada 4 - 21 Juli 2019 akan menyuguhkan beragam program utama yakni Mulanira Malyabhara, Pawai dan Pembukaan, Program 'Wirarna-Wiraga-Wirasa', Pagelaran Wayang Kuiit, Teater, Pasar Seni, Panggung Pertunjukan, Wahana Dolanan, Layar Tancep, Pesta Rakyat Kampung Terban dan Panggung Kontemporer.

Paksi menuturkan, Program Mulanira Malyabhara digelar pada 1,15, 29 Juni di sepanjang Malioboro sebagai publikasi awal FKY yang dirancang untuk mengaktivasi beberapa titik di sepanjang ruas jalan Malioboro.

Selain itu, FKY 2019 juga akan menyuguhkan Pasar Seni, Panggung Pertunjukan,Wahana Dolanan dan Bioskop yang berlokasi di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul pada 4-21 Juli 2019.

Musisi Jepang Tampil di FKY 30

"Pasar Seni FKY 2019 akan menjadi ruang perhelatan seni yang mampu memanfaatkan situs ruang terbuka publik yang penuh dengan hiburan sekaligus pengetahuan. Dengan kehadiran Wahana Dolanan, Workshop, Panggung Pertunjukan, Layar Tancep, Pasar Seni Produk Kreatif, Pasar Tiban serta Pasar Kuliner, FKY 2019 berusaha menghadirkan peristiwa kebudayaan yang ramah keluarga serta ramah lingkungan," lanjutnya.

Program lainnya yang juga dihadirkan yakni Teater yang berada di  Pendhapa Art Space pada 17 Juli 2019.

Program Teater FKY 2019 akan menghadirkan pertemuan antara beragam subjek dalam perlintasan ruang dan waktu.

Naskah teater yang diangkat dalam pementasan ini juga diletakkan sebagai sumber pengetahuan yang melekat dengan konteks Kota Yogyakarta.

Naskah ini kemudian akan bertemu dengan sutradara yang berbeda generasi dan akan diperankan oleh aktor-aktor yang juga berbeda generasi.

"Berangkat dari semangat awal tema FKY 2019, 'Mulanira', pertemuan lintas generasi semacam ini akan juga menjadi ruang pertukaran pengetahuan," kata dia.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved