Sleman

Balon Udara Terbang Liar di Kawasan Lanud Adisutjipto

Balon udara ini sangat membahayakan penerbangan di mana jarak balon udara dengan runway Adisutjipto sekitar 1,5 kilometer.

Balon Udara Terbang Liar di Kawasan Lanud Adisutjipto
TRIBUNJOGJA.COM/ Santo Ari
Personel TNI AU menunjukkan balon udara 

TRIBUNJOGJA.COM - Dua balon udara terbang liar di zona penerbangan Lanud Adisutjipto, Minggu (16/6/2019).

Kondisi ini tentu membahayakan penerbangan baik sipil maupun militer di sana.

Kadis Ops Lanud Adisutjipto, Kolonel Pnb Feri Yunaldi saat ditemui wartawan di Media Center Lanud Adisutjipto, Senin (17/6/2019) mengatakan balon udara tersebut terpantau terbang di wilayah lanud pada Minggu (16/6/2019), sekitar pukul 10.42 WIB.

Personel TNI AU yang mengetahuinya langsung mengecek keberadaan jatuhnya balon.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Balon yang memiliki diameter dua meter, panjang 3,5 meter, bahan dari plastik dan berwarna lorek hijau putih ditemukan dalam posisi menyangkut di ranting pohon area lapangan golf Lanud Adisutjipto.

"Informasi dari saksi, balon terbang dari arah utara," jelasnya.

Ia menekankan bahwa balon udara ini sangat membahayakan penerbangan di mana jarak balon udara dengan runway Adisutjipto sekitar 1,5 kilometer.

"Untuk diketahui, di sekitar runway fase paling kritis itu saat take off dan landing pesawat. Kita tahu penerbangan balon udara liar membahayakan keselamatan penerbangan, karena bisa menutupi kokpit pesawat, bisa masuk mesin pesawat yang menyebabkan mesin mati secara mendadak," ungkapnya.

Pada waktu yang hampir bersamaan, petugas ATC Adisutjipto juga melaporkan sebuah balon udara terbang liar di utara kompleks Lanud Adisutjipto.

Balon berdiameter 2 meter, panjang 3,5 meter, berbahan plastik dan berwarna hitam ditemukan menyangkut di tiang listrik depan Hotel Grand Quality di Jalan Solo.

Halaman
123
Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved