Astra Bangun Rumah Pintar Cikoneng - Leuwiliang

Sejak tahun 2014 Astra membangun Rumah Pintar di beberapa tempat, salah satunya di dusun Cikoneng, desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kab Bogor.

Astra Bangun Rumah Pintar Cikoneng - Leuwiliang
Dok
Kegiatan di PAUD Pelangi Rumah Pintar Cikoneng 

Astra Bangun Rumah Pintar Cikoneng - Leuwiliang

TRIBUNJOGJA.com - Dalam rangka mendorong kemajuan masyarakat di pedesaan, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) terus mendorong agar kualitas Sumber Daya Manusia terus meningkat.

Sejak tahun 2014 Astra membangun Rumah Pintar di beberapa tempat, salah satunya di dusun Cikoneng, desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kab Bogor.

Secara geografis Rumpah Pintar ini unik karena terletak di depan Curug Cikoneng yg menjadi salah satu destinasi wisata di Leuwiliang.

Rumah Pintar ini difungsikan untuk memberdayakan masyarakat dengan sentra-sentra yang ada di dalamnya, yakni sentra buku, sentra komputer, sentra bermain, sentra panggung dan sentra kriya. Terinspirasi dari sentra bermain dan sentra buku, pada 2018 Rumah Pintar Cikoneng mendirikan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini - Pelangi (PAUD Pelangi). Hal ini dilatar belakangi dengan banyaknya jumlah anak pra-sekolah di desa tersebut namun ketersediaan lembaga pendidikan masih sangat sedikit.

Untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme kegiatan belajar mengajar, guru-guru PAUD mengikuti pelatihan mengajar dan parenting, bersama Himpaudi Kecamatan Leuwiliang serta pelatihan lainnya yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Hingga saat ini PAUD Pelangi telah meraih prestasi berupa penghargaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor atas “Pergerakan Ayo ke PAUD”.

Pada Juni 2019, PAUD Pelangi Rumah Pintar Cikoneng ini telah mewisuda 23 siswa kelas B dari 50 total siswanya. Perlu diketahui bahwa Paud ini memiliki jumlah siswa terbanyak di desa Puraseda. Wisuda ini adalah wisuda perdana bagi lulusan PAUD Pelangi untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada para siswa.

Pendirian PAUD Pelangi Rumah Pintar Cikoneng ini diharapkan terus menghasilkan siswa yang cerdas dan berkarakter baik, sehingga dukungan Astra kepada Rumah Pintar Cikoneng akan mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera sebagai pangejawantahan nilai Catur Dharma Astra – yakni Sejahtera Bersama Bangsa. (*)

Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved