Ledakan Misterius Timbulkan Gempa di Perbatasan China dan Korea Utara

Sebuah ledakan misterius dilaporkan terjadi di dekat perbatasan China dengan Korea Utara, pada Senin (17/6/2019), menyebabkan terjadi gemp

Ledakan Misterius Timbulkan Gempa di Perbatasan China dan Korea Utara
IST/YahooNews
Ilustrasi Korea Utara 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebuah ledakan misterius dilaporkan terjadi di dekat perbatasan China dengan Korea Utara, pada Senin (17/6/2019), menyebabkan terjadi gempa kecil yang dirasakan di wilayah China.

Pusat Jaringan Gempa China mencatat sebuah gempa kecil berkekuatan 1,3 dengan kedalaman nol meter dirasakan di kota Hunchun, provinsi Jilin, sekitar pukul 19.38 malam waktu setempat.

Belum jelas apa yang menyebabkan terjadinya ledakan. Namun insiden yang terjadi beberapa saat setelah pemerintah China mengumumkan rencana kunjungan Presiden Xi Jinping ke Korea Utara pada pekan ini, menyita perhatian banyak pihak.

Di masa lalu, uji coba nuklir yang dilakukan Pyongyang telah menyebabkan getaran di sekitar perbatasan utara China dengan Korea Utara.

Akan tetapi insiden kali ini terjadi lebih dari 200 kilometer dari Punggye-ri, situs nuklir Korea Utara yang terletak di bawah Gunung Mantap.

Analis mengecilkan getaran yang terjadi dan mengatakan hal itu mungkin disebabkan oleh sejumlah faktor.

"Jangan terburu khawatir. Ledakan pertambangan, sebagai contoh juga dapat menyebabkan getaran," ujar Vipin Narang, profesor studi keamanan di Institut Teknologi Massachusetts, lewat akun twitternya.

Sementara kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mengutip pernyataan pejabat di badan meteorologi Korsel mengatakan tidak ada hal khusus yang terdeteksi melalui gelombang seismik.

Insiden ledakan di perbatasan China dengan Korea Utara ini terjadi hanya berselang jam sejak pengumuman jadwal kunjungan Presiden Xi Jinping ke Pyongyang selama dua hari pada pekan ini.

Sebelumnya pada September 2017, sebuah uji coba yang dilakukan di situs nuklir Korea Utara di Punggye-ri telah memicu gempa berkekuatan 6,3 yang dapat dirasakan hingga melintasi perbatasan utara China.

Ahli seismologi China kali itu menyimpulkan bahwa tempat uji coba nuklir utama Pyongyang sebagian telah runtuh, menjadikannya tidak dapat digunakan, setelah ledakan besar yang diklaim Korea Utara akibat uji coba bom hidrogen. (Agni Vidya Perdana)

.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ledakan Misterius Terjadi di Perbatasan China dan Korea Utara"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved