Lifestyle

Dari Yogyakarta, Avilla Perkenalkan Kain Ecotik ke Dunia Fesyen Internasional

Dari Yogyakarta, Avilla Perkenalkan Kain Ecotik ke Dunia Fesyen Internasional

Dari Yogyakarta, Avilla Perkenalkan Kain Ecotik ke Dunia Fesyen Internasional
Dok Riris Avilla
Pemilik Avilla, Riris memegang penghargaan dari Inacraft 2018. 

TRIBUNJOGJA.COM - Ecotik merupakan perpaduan kain dengan teknik eco-print dan batik yang coba dikembangkan dan diperkenalkan oleh Avilla, tak hanya di level nasional tapi juga internasional.

Avilla merupakan merek fesyen dari Yogyakarta yang milik Rizki Ayu Avilla, atau yang lebih akrab disapa Riris Avilla sejak tahun 2016.

Kepada Tribunjogja.com, Riris menceritakan bahwa perintisan Avilla bermula dari ketertarikannya pada dunia fesyen dan terinspirasi dari ibunya yang merupakan pengusaha batik.

"Ibu saya terlebih dulu terjun di bidang usaha batik menggunakan bahan pewarna alami. Ibu saya merupakan role model saya," jawaban Riris ketika ditanya tentang awalnya dia mengenal fesyen dengan teknik eco-print.

Namun, melihat banyak penggiat industri kreatif yang juga menggunakan eco-print, Riris merasa produknya harus memiliki nilai lebih yang menjadi kekhasannya.

Produk-produk Avilla Natural Dye
Produk-produk Avilla Natural Dye (Dok Riris Avilla)

Karena merasa tertantang, Riris kemudian mencoba memadukan eco-print dan batik, yang disebutnya ecotik sebagai ciri khas Avilla.

Target pasar Avilla adalah pelanggan menengah ke atas, dan untuk memasarkan produknya, Riris memilih untuk rajin mengikuti pameran baik dalam maupun luar negeri.

Berkat kegigihannya mengikuti pameran, Avilla memenangkan Inacraft Awards 2018 dan setelahnya bahkan turut serta di ajang internasional.

Info Pendaftaran PPDB 2019 SMA/SMK Jawa Barat di Ppdb.disdik.jabarprov.go.id, Zonasi Hingga Syarat

"Pada awalnya, Avilla adalah tenant di Inacraft 2018 dan baru pertama kali mengeluarkan produk Ecotik. Juri berkeliling dan memilik Avilla untuk dilombakan di ajang penghargaan tersebut," ungkap Riris.

Setelah menang di Inacraft 2018, kain Avilla dilombakan di ajang internasional dan kembali meraih penghargaan, yaitu World Crafts Council-AoE Asia Pacific.

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved