Bangun Rusun, Polres Magelang Kota Gelontorkan Anggaran 23 Miliar, Ditarget Selesai Akhir Tahun

Rusun dengan spesifikasi tiga lantai dengan 60 unit ini ditargetkan selesai akhir tahun 2019.

Bangun Rusun, Polres Magelang Kota Gelontorkan Anggaran 23 Miliar, Ditarget Selesai Akhir Tahun
Tribun Jogja/ Rendika Ferri K
Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, meletakkan batu pertama pembangunan Rusun Musvia di Mapolres Magelang Kota, Selasa (11/6/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Polres Magelang Kota bakal segera memiliki Rumah Susun (Rusun) baru.

Rusun Musvia berada di kompleks Mako 1 Jalan Alun-alun Selatan Kota Magelang mulai dibangun bulan Juni 2019 ini, dengan anggaran lebih dari Rp 23 Miliar.

Rusun dengan spesifikasi tiga lantai dengan 60 unit ini ditargetkan selesai akhir tahun 2019.

"Anggaran bersumber dari APBN Mabes Polri sebesar Rp 23.359.397.000. Anggaran ini total untuk konsultan perencanaan, konsultan pengawasan, konstruksi, hingga mebeler. Pembangunan direncanakan selsai akhir tahun ini,” kata Kapolres Magelang Kota, AKBP Idham Mahdi, Minggu (16/6/2019).

Idham mengatakan, pembangunan rusun ini sudah direncanakan sejak tahun 2018, dan baru dimulai pembangunannya tahun 2019, juga ditargetkan selesai akhir tahun 2019.

Spesifikasi rusun dengan bangunan  tiga lantai dengan 60 unit, lengkap dengan mebeler.

"Lokasi ini dulu asrama dengan bangunan cukup tua. Awalnya, tanah yang ditempati merupakan milik Pemkot Magelang yang kemudian dihibahkan kepada Polres Magelang Kota tahun 2015. Kami pun lakukan pengajuan pembangunan rusun dan disetujui,” katanya

Nama Musvia sendiri dari nama lokasi komplek ini dulu.

Dulunya, tempat tersebut adalah tempat pendidikan aparatur pemerintah setempat dengan nama Musvia atau dalam Bahasa Belanda Mosvia (Middlebare Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren).

"Setelah jadi nanti, rusun pun dapat ditempati lagi personel Polres Magelang Kota. Seleksi akan dilakukan. Penghuni sebelumnya akan mendapat prioritas," katanya.

Dalam acara peletakan batu pertama Selasa (11/6/2019) lalu, Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, mengatakan, adanya rusun musvia ini menambah jumlah rusun yang ada di Kota Magelang.

Pihaknya pun berharap kinerja anggota Polri terus meningkat dengan fasilitas baru tersebut.

"Kota Magelang sudah ada Rusunawa Potrobangsan, Tidar, dan Wates serta Rusus. Kita juga ajukan lagi Rusunawa tahun ini. Dengan hadirnya Rusun Musvia, maka menambah jumlah rusun kita. Kami pun berharap kinerja anggota Polri dalam memberi kenyamanan kepada masyarakat semakin meningkat," katanya. (*)

Penulis: rfk
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved