Bisnis

Sambut Wisatawan, FBA Yogyakarta Dorong Kualitas SDM

Sadar terhadap potensi wisatawan ke Yogyakarta, FBA Yogya mendorong agar pelaku pariwisata meningkatkan sumber daya manusianya.

Sambut Wisatawan, FBA Yogyakarta Dorong Kualitas SDM
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Mohammad Imanuddin, Chairman of FBA Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tampaknya tengah menggenjot angka kunjungan wisatawan di Kota Gudeg ini.

Sejumlah infrastruktur ditambah diantaranya Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang ada di Wates, Kulon Progo.

Selain itu menarik minat, pemerintah juga bakal memberlakukan sistem semi pedestrian atau bebas kendaraan bermotor di kawasan Malioboro.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Sejumlah agenda juga bakal dihelat untuk menambah lama tinggal wisatawan.

Sadar terhadap potensi wisatawan yang bakal berjubel ke Yogyakarta, asosiasi yang mewadahi manager dan pengusaha food and baverages di Yogyakarta yakni Food and Baverages Association (FBA) Yogya mendorong agar pelaku pariwisata meningkatkan sumber daya manusianya.

"Bisnis food and baverages itu bisnis yang tak pudar, pelatihan dan kompetisi bisa mengasah kualitas SDM menyambut persaingan di dunia pariwisata," tandas Mohammad Imanuddin, Chairman of FBA Yogyakarta kepada TribunJogja.com, Sabtu (15/6/2019).

Pelatihan berupa peningkatan skill akan menambah nilai dari pelayanan bagi wisatawan di Yogyakarta.

FBA pun berencana memberikan pelatihan-pelatihan yang bersifat edukatif kepada para anggota bahkan untuk umum.

Menikmati Gemerlap Yogyakarta dari Puncak Sosok Bantul

"Knowledge akan terus kita kembangkan baik kepada adik-adik kita yang masih sekolah maupun mereka yang sudah bekerja di dunia perhotelan, kami berupaya memberi sumbangsih berupa edukasi untuk mereka," katanya.

Lewat langkah tersebut pihaknya berharap kualitas dan servis para pelaku usaha baik food and baverages dan jasa akomodasi dapat memberikan pengalaman dan kesan menyenangkan bagi wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta.

Harapannya, Yogyakarta menjadi destinasi favorit untuk berlibur.

"Akan kita berikan seminar training bahkan kita buka kesempatan magang (casual) bagi adik-adik sehingga kualitas servis bertambah dan mereka siap untuk terjun di dunia kerja, selain itu untuk mereka yang sudah terjun kita tambah dengan seminar dengan tema yang berbeda dari bidang F&B sehingga menambah input mereka saat bekerja," jabarnya.

"Perkembangan ini kalau tak diikuti oleh SDM maka akan tertinggal makanya kita dorong agar bisa meningkat," pungkasnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved