Gunungkidul

Polres Gunungkidul Sosialisasi Larangan Gunakan Kendaraan Bak Terbuka untuk Angkut Penumpang

Sosialisasi tersebut merupakan upaya untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Gunungkidul.

Polres Gunungkidul Sosialisasi Larangan Gunakan Kendaraan Bak Terbuka untuk Angkut Penumpang
via antaranews.com
Polres Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Masih banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut penumpang membuat jajaran Polres Gunungkidul terus melakukan sosialisasi larangan penggunaan bak terbuka untuk mengangkut penumpang.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan upaya untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Gunungkidul.

"Kendaraan bak terbuka hanya untuk mengangkut barang saja tidak untuk mengangkut penumpang karena tidal sesuai dengan peruntukkannya bak terbuka hanya untuk mengangkut barang bukan penumpang," ucapnya pada Tribunjogja.com, Jumat (13/6/2019).

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Lanjut Mega, penggunaan bak terbuka sangatlah berbahaya untuk penumpang.

Ia mencontohkan beberapa kecelakaan maut pada tahun 2018 lalu lintas di Ngawen-Sambirejo mengakibatkan 4 orang tewas.

"Kecelakaan truk penuh muatan pakan dan membawa penumpang terbalik hingga menyebabkan korban tewas. Kita terus berupaya mensosialisasikan agar angkutan bak terbuka tidak digunakan mengangkut penumpang karena sangat berbahaya bagi keselamatan,” katanya.

Namun, pihaknya merasa kesulitan karena masih banyak pengendara nekat menggunakan mobil bak terbuka untuk mengangkut penumpang.

"Kondisi ini dapat dilihat pada saat pengamanan libur Lebaran beberapa waktu lalu, Untuk jumlah tidak bisa menyebutkan secara pasti, tapi dari pemantauan masih ada beberapa kendaraan bak terbuka yang digunakan,” tuturnya.

Target PAD Sektor Pariwisata Gunungkidul saat Libur Lebaran Terpenuhi

Ia mengatakan meskipun menemukan beberapa kendaraan bak terbuka disalahgunakan pihaknya belum memberlakukan tilang, dan petugas hanya memberikan teguran kepada pengemudi.

“Kita beritahu bahwa bak terbuka sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan fatal dari penumpang mengalami luka-luka hingga meninggal dunia, kami tidak ingin kejadian kecelakaan lalu lintas seperti tahun lalu terulang lagi," ujar mega.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mentaati peraturan yang berlaku untuk keselamatan para pengguna jalan.

"Untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas tidak hanya tugas dari kami (Kepolisian) tetapi juga masyarakat harus turut ikut berpartisipasi dalam mentaati peraturan lalu lintas. Kami akan terus melakukan sosialisasi keselamatan dalam berlalulintas," pungkasnya. (*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved