Yogyakarta

Persiapan Pilkada 2020, KPU Kabupaten Mulai Susun RAB

Tahapan Pilkada 2020 baru akan dimulai pada sekitar bulan September 2019 atau 12 bulan sebelum hari H pemungutan suara pada September 2020.

Persiapan Pilkada 2020, KPU Kabupaten Mulai Susun RAB
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA - Persiapan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DIY 2020 mendatang sudah mulai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY.

Seperti diketahui, tiga wilayah akan berpartisipasi dalam Pilkada kali ini yaitu Kabupaten Sleman, Bantul dan Kabupaten Gunungkidul.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan menjelaskan, tahapan Pilkada 2020 baru akan dimulai pada sekitar bulan September 2019 atau 12 bulan sebelum hari H pemungutan suara pada September 2020.

Meski demikian, KPU RI telah merancang fase persiapan di daerah untuk mulai melakukan persiapan per Juni 2019 ini.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

“Kita teruskan instruksi ini ke KPU kabupaten/kota yang berkepentingan sebagai penyelenggara Pilkada 2020 mendatang. Saat ini sudah mulai disusun Rencana Anggaran dan Belanja (RAB) untuk pelaksanaan Pilkada oleh masing-masing KPU kabupaten,” kata Hamdan pada Tribunjogja.com, Kamis (13/6/2019) kemarin.

Karena masih tahap awal, RAB ini masih berupa draft yang berisi gambaran alokasi pendapatan anggaran dan pengeluaran.

Draft RAB ini masih mengalami perubahan seiring pembahasan antara KPU kabupaten dengan Pemda setempat mengingat mekanisme pembiayaan Pilkada bersumber dari APBD.

Menurut Hamdan, penyusunan RAB ini nantinya akan sangat tergantung dengan kebutuhan biaya Pilkada di masing-masing daerah.

Misalnya untuk kebutuhan biaya teknis berkaitan dengan proses pemungutan suara di TPS sampai beberapa komponen yang lebih detail lagi seperti jumlah honor panitia pelaksana.

Pasca-Pemilu 2019, KPU Sleman Optimis Pendaftar KPPS Tetap Ada untuk Pilkada 2020

Dasar yang dipakai untuk penghitungan honor ini bisa dari pengalaman Pilkada sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved