Pendidikan

Mahasiswa UNY Berikan Pendampingan Gerakan Antikorupsi Berbasis Keluarga di Kelurahan Prenggan

KIRAB ini merupakan pilot project Gerakan Antikorupsi Berbasis Keluarga yang diinisiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2014.

Mahasiswa UNY Berikan Pendampingan Gerakan Antikorupsi Berbasis Keluarga di Kelurahan Prenggan
istimewa
Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berikan pendampingan kepada Komunitas Keluarga Bahagia (KIRAB) Kelurahan Prenggan berupa Gerakan Antikorupsi Berbasis Keluarga yang di inisiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2014.  

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berikan pendampingan kepada Komunitas Keluarga Bahagia (KIRAB) Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta untuk melaksanakan Program Kreatifitas Mahasiwa bidang pengabdian kepada masyarakat (PKM-M). 

Sebelumnya KIRAB ini merupakan pilot project Gerakan Antikorupsi Berbasis Keluarga yang diinisiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2014.

Bentuk pendampingan yakni dengan memberikan media pembelajaran berbentuk pop up book yang di dalamnya memuat materi tentang pendidikan antikorupsi berbasis kearifan lokal.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Pendampingan terhadap Komunitas Keluarga Bahagia (KIRAB) ini sudah berjalan satu bulan terakhir.

Sebagai simbol pengembangan pendidikan Antikorupsi Berbasis Keluarga, mahasiswa UNY yang terdiri dari Achmad Sidiq Asad, Elly Nur Rahmawati, Muhamad Abdul Aziz, Afrian Dwi Yunitasari dan Azwan menyerahkan media Pembelajaran berupa pop up book yang diberi nama AKSIPOB (Antikorupsi Pop Up Book).

Ketua dari Program AKSIPOB Mengabdi Cegah Korupsi,Achmad Sidiq Asad mengatakan selama ini Komunitas Keluarga Bahagia atau KIRAB mengalami kendala dalam proses penanaman nilai kepada generasi mudanya terutama yang menyasar anak-anak.

Hal ini karena selama ini KIRAB belum memiliki metode khusus dalam penanaman nilai antikorupsi kepada generasi mudanya.

"Harapanya dengan pendampingan ini bisa menjadikan generasi muda di keluarahan Prenggan memiliki karakter yang kuat terkait nilai-nilai antikorupsi," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Sabtu (15/6/2019).

Mahasiswa UNY Ciptakan Media Pembelajaran Kebersihan Diri untuk Siswa Tunagrahita

Pendampingan yang kami lakukan berupa bagaimana memberikan alternatif metode penanaman nilai antikorupsi kepada KIRAB sehingga keberlanjutan Program Gerakan Antikorupsi Berbasis Keluarga yang sudah sangat baik ini dapat terus berjalan dan menghasilkan output yang optimal terkait generasi muda yang memiliki sikap nilai-nilai antikorupsi.

Sementara itu, Ketua Komunitas Keluarga Bahagia (KIRAB), Ari Sutantriyati menyampaikan adanya kendala dalam pelaksanaan program Gerakan Antikorupsi Berbasis Keluarga karena secara penerapanya belum memiliki metode tersendiri sehingga program yang selama ini dijalankan masih belum terstruktur.

Bersama program PKMM AKSIPOB Mengabdi Cegah Korupsi ia berharap dapat menunjang keberlanjutan Gerakan Antikorupsi Berbasis Keluarga yang ada di kelurahan Prenggan.

“Masyarakat Prenggan menyambut positif adanya program mahasiswa ini yang bertajuk AKSIPOB Mengabdi Cegah Korupsi, kami terbantu dengan adanya program ini sehingga anak-anak kami bisa dengan mudah mencerna nilai-nilai antikorupsi dengan baik. Harapanya sih program ini dapat berlanjut secara terus-menerus," kata dia. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved