Nasional

Video Conference Sidang Pertama Gugatan Pemilu di FH UGM Sepi

Menurutnya sepinya kegiatan tersebut lebih kepada saat ini mahasiswa tengah berada di masa tenang untuk mempersiapkan ujian yang akan dilakukan minggu

Video Conference Sidang Pertama Gugatan Pemilu di FH UGM Sepi
Istimewa
Suasana Video Conference yang diselenggarakan di Fakultas Hukum UGM pada Jumat (14/6/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hingga pukul 10.00 WIB, kegiatan Video Conference berkenaan dengan sidang pertama gugatan pemilu di Mahkamah Konstitusi yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Jumat, (14/6/2019) terlihat lenggang.

Kegiatan ini sendiri sebelumnya diagendakan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Sigit Riyanto Dekan Fakultas Hukum UGM menerangkan sepinya Video Conference yang diadakan di momen sidang pertama gugatan pemilu ke MK ini lantaran saat ini memang masih minggu tenang pra ujian yang akan diselenggarakan pada minggu depan.

Kegiatan Video Conference ini sendiri sebelumnya sudah sering diagendakan oleh Fakultas Hukum UGM.

Jelang Sidang Gugatan Pilpres di MK, Ini Jawaban Mahfud MD Soal Jabatan Maruf Amin di BUMN 

"Ada sebagian dari mahasiswa yang sedang minggu depan untuk S1, untuk S2 sudah selesai. Saat ini memang masih suasana lebaran, kita juga tidak mewajibkan mahasiswa untuk ikut serta menonton. Hanya saja dari Humas memang sudah men-share," terangnya.

Sigit menjelaskan, tujuan diselenggarakannya Video Conference ini untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat.

Selain itu juga diperlukan untuk mendukung pendidikan hukum, sehingga mahasiswa maupun dosen bisa menjadikannya sebagai bahan pengayaan.

"Kalau nobar ini membahas kepentingan yang dihadapi seluruh bangsa Indonesia, terkait sengketa menentukan Kepala Negara 5 tahun ke depan. Memang tidak wajib, masyarakat maupun mahasiswa juga bisa menonton melalui Televisi, YouTube dan yang lainnya," terangnya.

Kemal Frayoza, Alumni UGM yang baru lulus pada November lalu menuturkan memang kegiatan Video Conference seperti saat ini beberapa sudah dilakukan oleh Fakultas Hukum.

Sidang MK Pilpres Hari Ini Live Youtube Mahkamah Konstitusi RI Klik Disini

Menurutnya sepinya kegiatan tersebut lebih kepada saat ini mahasiswa tengah berada di masa tenang untuk mempersiapkan ujian yang akan dilakukan minggu depan.

"Saya alumni, kesini lagi ngurus administrasi. Video Conference kadang ada, tapi tidak sering banget, memang tidak wajib. Sepi mungkin mahasiswa belum masuk karena minggu tenang. Kalau sudah masuk pasti rame," terangnya.

Menurutnya kegiatan semacam ini memang penting bagi proses pembelajaran mahasiswa, terlebih berhubungan dengan mata kuliah. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved