Sport

Dua Pecatur Indonesia Menang di Babak Pertama JAPFA Grand Master and Women Grand Master

Dua Pecatur Indonesia Raih Kemenangan di Babak Pertama JAPFA Grand Master and Women Grand Master Tournament 2019

Dua Pecatur Indonesia Menang di Babak Pertama JAPFA Grand Master and Women Grand Master
Istimewa
Pecatur asal Indonesia, GM Susanto Megaranto 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dua pecatur Indonesia, GM Susanto Megaranto, serta WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite, mencatat torehan apik dalam babak pertama JAPFA Grand Master and Women Grand Master Tournament 2019, di Hotel Grand Inna Garuda, Yogyakarta, Kamis (13/6/2019) petang.

Benar saja, keduanya langsung tancap gas di tahap awal ini, dengan menaklukkan pecatur papan atas.

Ya, Susanto menaklukkan unggulan dua, GM Ivan Sokolov (Belanda) dengan elo rating 2595, lalu Chelsie mengalahkan unggulan pertama IM Sophie Millet (Prancis, 2415). 

Susanto yang pada turnamen ini menempati rangking tiga, dengan elo rating 2548, untuk sementara keluar sebagai pemuncak klasemen babak pertama, berkat torehan satu poin.

Hasil tersebut, didapatnya usai meraih kemenangan atas Ivan Sokolov tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ, awal gemilang Susanto juga diikuti tiga pecatur Indonesia lainnya, yang sukses mencatat hasil remis, atau imbang.

Salah satunya, IM Primasworo Novendra, yang mampu mengimbangi unggulan satu GM Dmitry Kokarev (Rusia, 2609).

24 Pecatur Papan Atas Ambil Bagian dalam Turnamen Internasional di Yogyakarta

Sedangkan dua pecatur Indonesia lainnya yang meraih imbang yaitu, IM Yoseph Theolifus Taher, yang mencatat remis dengan IM Das Arghyadip (India), serta IM Sean Winshand Cuhendi, yang mampu menorehkan hasil imbang dengan pecatur asal India, IM Raji Teja S.

Namun, hasil apik empat pecatur tuan rumah gagal diikuti dua pecatur lokal lainnya, WGM Media Warda Aulia yang kalah dari GM Rustam Khusnutdinov dari Kazakhstandan, serta FM Azarya Jodi Setyaki yang ditaklukkan IM Raghunandan Kaumandur S (India).

Percasi DIY Kirim Enam Pecatur ke Pra PON

Sedangkan di sektor putri, pecatur asal Indonesia, WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra, menaklukkan rekan satu negaranya, WFM MOnica Putri W. Kemudian, WFM Umi Fisabililah mampu mengimbangi WGM Gong Qianyun (Singapura).

Sayang, WFM Tammi Nasuha harus mengakui keunggulan IM Alina L'ami (Romania).

Dalam kesempatan tersebut, GM Susanto Megaranto menyambut baik digelarnya JAPFA Grand Master and Women Grand Master Tournament 2019 ini.

Ia menilai, ajang kelas internasional bisa menjadi pemanasan menghadapi kejuaraan dunia mendatang.

"Semakin banyak peserta yang ambil bagian di sini, semakin bagus lah, untuk lima junior di bawah saya juga bisa memanfaatkannya untuk mengejar grand master ya," kata pria kelahiran 31 tahun silam itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 24 pecatur papan atas dari berbagai belahan dunia tampil dalam ajang Catur JAPFA Grand Master and Women Grand Master Tournament 2019 yang berlangsung di Hotel Grand Inna Garuda, Yogyakarta, 13-21 Juni. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved