Warga di India Gelar Penikahan Kodok untuk Meminta Turunnya Hujan

Ritual ini dipercaya dapat segera menurunkan hujan–diketahui bahwa India sedang mengalami kekeringan parah dan suhu panas ekstrem

Warga di India Gelar Penikahan Kodok untuk Meminta Turunnya Hujan
STR/AFP/Getty Images
Pernikahan kodok di India 

TRIBUNJOGJA.com - Sebuah kota di India menyelenggarakan upacara pernikahan bagi dua katak.

Ritual ini dipercaya dapat segera menurunkan hujan–diketahui bahwa India sedang mengalami kekeringan parah dan suhu panas ekstrem. 

Menurut laporan yang beredar, gelombang panas di ibu kota Delhi telah merenggut nyawa 36 orang sejauh ini. Suhu di sana mencapai yang tertinggi pada Selasa lalu, yakni 48 derajat celsius.

Sementara itu, Churu yang berada di negara bagian Rajashtan, mengalami suhu hingga 51 derajat celsius.

Di kota pesisir Udupi, Karnataka, sekelompok warga melaksanakan upacara perkawinan katak yang biasa disebut dengan "Mandooka Parinaya". Ini dipercaya dapat menyenangkan hati sang dewa hujan.

Kisah Kakek Pekerja Kelapa Sawit Terjebak di Dalam Sumur, Makan Kodok untuk Bertahan Hidup

Katak Ini Sangat Beracun, Bisa Membunuhmu dengan Sundulan Kepalanya

Penjelasan Kenapa Ular dan Katak Beracun Tak Mati oleh Racunnya Sendiri

Kodok-kodok ditangkap dari dua desa berbeda dan diperiksa di Department of Zoology di Manipal, India.

Katak jantan dan betina yang terpilih, kemudian dibaptis dan diberi nama Varuna dan Varsha–diambil dari nama dewa air yang masing-masing mewakili musim hujan.

Saat menuju hotel untuk melakukan upacara, kedua calon mempelai katak diarak melewati jalanan dengan sepeda. Mereka menggunakan pakaian yang dibuat khusus. Katak betina bahkan diberikan cincin untuk dipasang di jari kakinya.

Sebelumnya, undangan telah dibagikan dan para tamu yang diundang diharapkan hadir dan berdoa kepada dewa agar hujan segera turun. Ada ratusan tamu yang menghadiri upacara pernikahan katak yang setelahnya diramaikan dengan pesta tersebut. 

Pengantin katak ini kemudian dikirim ke Mannapalla untuk melakukan "bulan madu". Mannapalla sendiri merupakan desa di dekat Manipal, di mana mereka akan dilepaskan di sana. 

India memang kerap mengalami kelangkaan air selama musim panas. Namun, tahun ini, kondisinya sangat parah. Jumlah curah hujannya lebih sedikit dibanding 2018. (*)

==

Artikel ini sudah tayang di national geographic indonesia dengan judul India Alami Panas Ekstrem, Warga Lakukan Ritual Mengawinkan Kodok untuk Meminta Hujan

Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved