Pendidikan

UIN Sunan Kalijaga Masih Menjadi Salah Satu Universitas Favorit Tingkat PTKIN

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yudian Wahyudi mengungkapkan, minat pendaftar yang memilih UIN Sunan Kalijaga sebagai pilihan universitas setiap tahunnya b

UIN Sunan Kalijaga Masih Menjadi Salah Satu Universitas Favorit Tingkat PTKIN
uin-suka.ac.id
UIN sunan kalijaga_hfjsd 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yudian Wahyudi mengungkapkan, minat pendaftar yang memilih UIN Sunan Kalijaga sebagai pilihan universitas setiap tahunnya bisa mencapai 1:20.

Yudian menjelaskan, sampai dengan saat ini di tingkat Perguruan Tinggi Negeri (PTKIN) yang mencakup UIN (Universitas Islam Negeri), IAIN (Institut Agama Islam Negeri) serta STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri), UIN Sunan Kalijaga menduduki peringkat kedua.

"Kita belum punya kedokteran, tapi kalau secara nasional kita biasanya rangking 2 karena belum punya fakultas kedokteran. Tapi kalau dihapus kedokteran itu kami masih nomor 1," terangnya, Kamis (13/6/2019).

UIN Sunan Kalijaga Kembali Selenggarakan UM-PTKIN 2019

Ketika melihat data Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN Sunan Kalijaga, untuk pendaftar SNMPTN mencapai 3286 sedangkan yang diterima ada 268.

Untuk pendaftar SPAN-PTKIN mencapai 49.679, yang diterima sebanyak 472 dan pendaftar UM-PTKIN mencapai 22.820.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah tersebut mengalami peningkatan, yang mana sebelumnya pendaftar SPAN-PTKIN sekitar 40.710, sedangkan pendaftar UM-PTKIN sebanyak 17.446.

Untuk prodi yang paling diminati diantaranya Psikologi, Ilmu Hukum serta prodi-prodi yang ada di Fakultas Saintek.

UIN Sunan Kalijaga Rintis Kerjasama dengan 10 Perguruan Tinggi di China

Menurutnya, biasanya pendaftar memilih UIN pertama karena jaminan UIN merupakan universitas negeri.

Kedua berdasarkan akreditasi prodi.

"Sehingga ini menjadi semacam favorit di kalangan anak-anak. Kita masih menjadi tujuan utama kalau di PTKIN. Kita baru saja reakreditasi, kita mendapatkan nilai A. Dulu A tapi nilainya 361 yang baru bulan November A 372 Naik 11 poin," ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved