Kulon Progo

Stasiun KA Bandara YIA Terletak di Ketinggian +14

PT Angkasa Pura I berharap rencana pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Kedundang di Temon menuju YIA bisa segera terlaksana.

Stasiun KA Bandara YIA Terletak di Ketinggian +14
sumber: TRIBUNjogja.com | Bramasto Adhy
ILUSTRASI Jalur kereta api Bandara YIA adalah stasiun Maguwo, Tugu, Wates dan terakhir di Wojo. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - PT Angkasa Pura I berharap rencana pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Kedundang di Temon menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) bisa segera terlaksana.

Pasalnya, perlu perhatian khusus antara proyek pembangunan jalur kereta dengan keselamatan pengguna jasa penerbandan di bandara tersebut.

Project Manager Pembangunan YIA PT AP I, Taochid Purnama Hadi mengatakan sangat dimungkinkan jalur kereta api itu berikut stasiunnya di area terminal bandara belum terwujud ketika proyek YIA rampung akhir tahun ini sesuai targetnya.

Hal ini lantaran sampai saat ini belum ada perkembangan lebih lanjut atas rencana pembangunan jalur kereta api bandara oleh Direktoral Jenderal Kereta Api (DJKA) Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) tersebut.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Adanya pekerjaan proyek jalur KA itu sedikit banyak akan berdampak pada flow atau hilir mudik pengguna jasa penerbangan di area terminal bandara.

"Insyaallah tidak menggangu namun kami berharap secepatnya (bisa dikerjakan). Karena, nanti perlu ada pengaturan flow penumpang bandara dan pembatasan area kerja demi keselamatan. Ini yang perlu jadi perhatian khusus," jelas Taochid saat dihubungi Tribunjogja.com, Rabu (12/6/2019) petang.

Ia mengaku belum mendapatkan informasi baru atas rencana pembangunan jalur KA bandara tersebut.

Rapat terakhir dengan DJKA hanya bicara tentang penentuan titik jalurnya namun hingga kini belum ada kelanjutannya.

Termasuk juga siapa kontraktor yang akan mengerjakan dan kapan mulai pengerjaannya karena kewenangannya ada di DJKA melalui satuan kerja tersendiri.

Taochid mengatakan, jalur KA di area bandara itu nantinya akan melayang (elevated) mengingat posisi stasiun berada di lantai 2 terminal pada ketinggian sekitar +14 meter.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved