Kulon Progo

Laguna Trisik Harus Diistirahatkan Sementara Waktu

Hal ini untuk memberi kesempatan sterilisasi air di laguna tersebut pasca kejadian matinya ribuan ikan di dalamnya, beberapa waktu lalu.

Laguna Trisik Harus Diistirahatkan Sementara Waktu
Tribun Jogja/Singgih Wahyu
Petugas dari DLH DIY dan DKP Kulon Progo melakukan pengecekan kondisi air dan pengambilan sampel di Laguna Pantai Trisik, Kecamatan Galur, Selasa (11/6/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Pembudidayaan ikan di laguna Pantai Trisik, Kecamatan Galur, dipandang perlu dihentikan sementara waktu.

Hal ini untuk memberi kesempatan sterilisasi air di laguna tersebut pasca kejadian matinya ribuan ikan di dalamnya, beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo, Sugiharto meminta para pembudidaya untukmengistirahatkan dulu lahuna tersebut.

Mereka diminta menghentikan aktivitasnya dan menunda tebar benih terlebih dulu hingga kondisi perairan di laguna tersebut normal kembali.

Pemerintah Selidiki Penyebab Matinya Ribuan Ikan di Laguna Pantai Trisik Kulon Progo

Seperti diketahui, ribuan ekor ikan nilai di laguna seluas dua hektare tersebut mendadak mati.

Dugaan sementara yang muncul, kematian ikan itu lantaran air laguna tercemar zat polutan dari limbah budidaya udang pada tambak-tambak di sekitar laguna.

"Biarkan cukup lama sehingga kondisi air bisa lebih cepat steril. Masyarakat bisa tebar benih lagi kalau airnya sudah normal,"kata Sugiharto, Kamis (13/6/2019).

Ia tak memungkiri bahwa proses sterilisasi air laguna itu bisa memakan waktu cukup lama, apalagi di musim kemarau seperti saat ini.

Sedangkan jika sudah turun hujan, air akan masuk ke laguna dan kandungan racun di dalamnya bisa lebih cepat hilang seiring meningkatkan volume air.

Cara lain untuk mempercepatnya yaitu menggunakan bahan kimia namun berisiko mengganggu lingkungan maupun makhluk hidup di sekitar laguna.

Ribuan Ikan Mati, DLH DIY Turun Lapangan Cek Kondisi Air Laguna Trisik

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved